HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA (EMBROIDERY) DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK DIPONEGORO SLEMAN
sugiyem, M.Pd Sugiyem, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran
membuat hiasan busana (embroidery) siswa kelas XI Busana SMK Diponegoro Sleman, (2)
mengetahui minat berwirausaha siswa kelas XI Busana SMK Diponegoro Sleman, (3) mengetahui ada
tidaknya hubungan prestasi belajar membuat hiasan busana (embroidery) dengan minat berwirausaha
siswa kelas XI Busana SMK Diponegoro Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional.
Data dikumpulkan dari dokumentasi nilai raport mata pelajaran membuat hiasan busana (embroidery)
oleh guru dan angket untuk mengungkap minat berwirausaha siswa. Analisis data dilakukan dengan
korelasi product-moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara
prestasi belajar membuat hiasan busana (embroidery) (x) dengan minat berwirausaha (y) di SMK
Diponegoro Sleman, hal ini ditunjukkan hasil perhitungan r
hitung
(0,207) < r
(0,339) dengan
koefisien korelasi (0,043) X terhadap Y tidak signifikan (taraf signifikasi 5%).
Kata kunci: prestasi belajar, minat berwirausaha, hiasan busana
THE RELATIONSHIP BETWEEN THE LEARNING ACHIEVEMENT IN THE
SUBJECT OF CLOTHING DECORATION (EMBROIDERY) MAKING AND THE
ENTREPRENEURAIAL INTEREST AMONG THE SUDENTS OF SMK DIPONEGORO
SLEMAN
ABSTRACT
This study aims to find out: (1) the learning achievement in the subject of clothing decoration
(embroidery) making among the students of Grade XI of Fashion Design of SMK Diponegoro Sleman,
(2) their entrepreneurial interest, and (3) whether or not there is a relationship between their learning
achievement in clothing decoration (embroidery) making and their entrepreneurial interest. This was
a correlational study. The data were collected from the documentation of grades from the teacher for
the subject of clothing decoration (embroidery) making and a questionnaire to reveal the students’
entrepreneurial interest. The data were analyzed using product moment correlation.
Keywords: learning achievement, entrepreneurial interest, clothing decoration
membuat hiasan busana (embroidery) siswa kelas XI Busana SMK Diponegoro Sleman, (2)
mengetahui minat berwirausaha siswa kelas XI Busana SMK Diponegoro Sleman, (3) mengetahui ada
tidaknya hubungan prestasi belajar membuat hiasan busana (embroidery) dengan minat berwirausaha
siswa kelas XI Busana SMK Diponegoro Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional.
Data dikumpulkan dari dokumentasi nilai raport mata pelajaran membuat hiasan busana (embroidery)
oleh guru dan angket untuk mengungkap minat berwirausaha siswa. Analisis data dilakukan dengan
korelasi product-moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara
prestasi belajar membuat hiasan busana (embroidery) (x) dengan minat berwirausaha (y) di SMK
Diponegoro Sleman, hal ini ditunjukkan hasil perhitungan r
hitung
(0,207) < r
(0,339) dengan
koefisien korelasi (0,043) X terhadap Y tidak signifikan (taraf signifikasi 5%).
Kata kunci: prestasi belajar, minat berwirausaha, hiasan busana
THE RELATIONSHIP BETWEEN THE LEARNING ACHIEVEMENT IN THE
SUBJECT OF CLOTHING DECORATION (EMBROIDERY) MAKING AND THE
ENTREPRENEURAIAL INTEREST AMONG THE SUDENTS OF SMK DIPONEGORO
SLEMAN
ABSTRACT
This study aims to find out: (1) the learning achievement in the subject of clothing decoration
(embroidery) making among the students of Grade XI of Fashion Design of SMK Diponegoro Sleman,
(2) their entrepreneurial interest, and (3) whether or not there is a relationship between their learning
achievement in clothing decoration (embroidery) making and their entrepreneurial interest. This was
a correlational study. The data were collected from the documentation of grades from the teacher for
the subject of clothing decoration (embroidery) making and a questionnaire to reveal the students’
entrepreneurial interest. The data were analyzed using product moment correlation.
Keywords: learning achievement, entrepreneurial interest, clothing decoration
Full Text:
PDFReferences
Ciputra.(2012).
MembentukJiwaWirausaha.
Jakarta: PT. Kompas Media
Nusantara.
Marsudi.(2016). Penerapan Model
Konstruktivistikdengan Media
File Gambar 3D
untukMeningkatkanMotivasidan
PrestasiHasilBelajar.JurnalPend
idikanTenologidanKejuruan.23(
. Hlm 16-27.
Ridwan dan Akdon. (2008). Rumus dan
Data dalam Analisis Statistika.
Bandung: Alfabeta.
Saifuddin Azwar. (2011). Penyusunan
Skala Psikologi. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Slameto.(2010). BelajardanFaktor-Fakor
yang Mempengaruhinya.
Jakarta: RinekaCipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1