KEMAMPUAN SISWA DALAM MENERAPKAN SULAMAN APLIKASI PADA BLUS ANAK SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA
Enny Zuhni Khayati, M.Kes, , Indonesia
Abstract
sulaman aplikasi pada blus anak pada siswa kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta dilihat
dari kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan pendekatan survey. Pembuktian validitas instrument tes menggunakan validitas logis yang
ditelaah ahli dan pembuktian reliabilitas menggunakan rumus KR20. Analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif dengan soal pilihan ganda,
afektif dengan observasi terhadap sikap siswa dan psikomotor dengan tes unjuk kerja siswa. Hasil
penelitian adalah Kompetensi siswa kelas XII berdasarkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor
dalam menerapkan teknik sulaman aplikasi pada blus anak di SMK Negeri 4 Yogyakarta mendapatkan
hasil yang sangat kompeten, dengan menunjukkan siswa yang mendapatkan hasil diatas KKM sebanyak
21 siswa dengan presentase 87,5% dan yang belum tuntas KKM sebanyak 3 siswa dengan presentase
12,5%. Rata-rata nilai kelas adalah 85,4.
Kata kunci: Kompetensi Siswa, Sulaman Aplikasi, SMK
THE COMPETENCY OF STUDENTS OF SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA IN APPLYING
APPLIQUÉ EMBROIDERY ON CHILDREN’S BLOUSES
ABSTRACT
This study aimed to find out the competency of Grade XII students of SMK Negeri 4 Yogyakarta in
applying the appliqué embroidery technique on children’s blouses in terms of cognitive ability, affective
ability and psychomotor ability. This was a descriptive study using the survey approach The data were
collected using a cognitive test with multiple choice questions, an affective assessment with observations
of students’ attitudes, and a psychomotor assessment with a performance test. The test instrument
validity was assessed in terms of logical validity involving an expert and the reliability was assessed
using the KR-20 formula. The data were analyzed using the descriptive analysis technique.The
competency of Grade XII students of SMK Negeri 4 Yogyakarta in applying the appliqué embroidery
technique on children’s blouses was very high, indicated by the facts that 21 students (87.5%) attained
scores above the minimum mastery criterion (MMC) and 3 students (12.5%) did not attain the MMC.
The class mean score was 85.4.
Keywords: Students’ Competency, Appliqué Embroidery, SMK
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik (revisi VI). Jakarta:
Rineka Cipta.
E. Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Jakarta: PT. Remaja
Rosdakarya
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana untuk SMK
Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan.
Erwan Sutarno & Mukhidin. (2013).
Pengembangan Model pembelajaran
Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran
untuk Meningkatkan Hasil dan
Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota
Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan. Volume 21. Nomor 3.
Haryanto, Urip. (2015). Peningkatan Kemampuan
Memecahkan Masalah Melalui Media
Komputer dalam Pembelajaran
Matematika Pada Siswa SMK N 1 Ngawen.
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Volume 22. Nomor 4.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: ALPABETA.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i3.11703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1