PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA DASAR SISTIM SOEN DI SMK INFORMATIKA WONOSOBO
Kapti Asiatun, M.Pd, , Indonesia
Abstract
terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola dasar siswa kelas X tata busana di SMK Informatika
Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe quasi eksperiment, dan desain
eksperimen yang digunakan non equivalent pretest dan posttest control group design. Pengambilan sampel
menggunakan teknik non probability sampling, berupa sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK Informatika Wonosobo berjumlah 60 siswa dan seluruh jumlah
populasi di jadikan sampel, sampel penelitian yaitu 30 siswa kelas X TB1 dan 30 siswa kelas X TB2.
Validitas instrumen dibuktikan dengan analisis validitas konstruk dan reliabilitas instrumen dengan rumus
alfa cronbach menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif
untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t independent sample t
test. Hasil penelitian menunjukkan: Ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap pencapaian
kompetensi pembuatan pola dasar siswa kelas X Tata Busana di SMK Informatika Wonosobo, yang
dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (2,955 > 2,001) dan
probability = 0,005< 0,05 pada tingkat kepercayaan 95% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima
Kata kunci: Pengaruh, Pendekatan Saintifik, Pembuatan Pola Dasar, SMK
THE INFLUENCE OF THE APPLICATION SCIENTIFIC APPROACH TO
THE ACHIEVEMENT OF THE COMPETENCE OF THE MAKING BASIC
PATTERN OF THE SOEN SYSTEM IN INFORMATICS VOCATIONAL HIGH
SCHOOL WONOSOBO
ABSTRACT
This research aims to find out: to knowing whether or not there is influence of the application of
scientific approach to achievement of the basic pattern making competence ininformatics vocational high
school Wonosobo. This was a quasi experimental study using the non equivalent pretest and posttest control
group design. The sample was selected by means of the probability sampling technique, namely the sample
saturated. The research population comprised Grade X students of Fashion Design in Informatics VHS
Wonosobo with a total of 60 students and all of the student be the sample of this research. The instrument
validity was assessed in terms of the construct validity and the instrument reliability was alfa cronbach
formula and assessed by SPSS. The data were analyzed by the descriptive technique and the inferential
technique using the independent sample t-test.The results of the study were as follows. There was an
influence of the application of scientific approach to achievement of the basic pattern making competence of
the soen system in informatics vocational high school Wonosobo, indicated by the results of the independent
test samples t-test with tobserved > t-table (2.954 > 2.001) and probability = 0.005 < 0.05 at step trust 95%
so that Ho was rejected and Ha was accepted
Keywords: Influence, Scientific Approach, Basic Pattern Making, VHS
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2014). Konsep dan model
pengembangan kurikulum. Bandung :
Remaja rosdakarya.
Abdul, M. & Chaerul, R. (2014). Pendekatan
ilmiah dalam implementasi kurikulum
Bandung : Remaja rosdakarya.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran
Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta
: GAVA MEDIA.
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 3,
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan
Kontekstual dalam Pembelajaran Abad
kunci sukses implementasi
kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia
Indonesia.
Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum
dalam Pembelajaran
Pengaruh Penerapan Pendekatan (Dwi Kusuma Wardani) 1
SD/MI,SMP/MTS, & SMA/MA.
Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta : Rajawali Pers
Setyaningrum, Y. & Husamah. (2013). Desain
Pembelajaran Berbasis Pencapaian
Kompetensi. Panduan Merancang
Pembelajaran untuk Mendukung
Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Sugiyono. (2015). Statistka Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
TIM Pengembang MKDP. (2013). Kurikulum
dan Pembelajarannya. Jakarta :
Rajawali Pers.
Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar
Kompetensi Siswa SMK Negeri
Program Keahlian Tata Busana di
Yogyakarta dalam Pembelajaran
dengan KBK. Jurnal Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan. (Nomor 2
Tahun 16). Hlm. 235
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i3.11702
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1