MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG FASHION PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 2 GODEAN

Yeti Nurfendah, , Indonesia
Widyabakti Sabatari, M.Sn, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat berwirausaha di bidang fashion pada siswa kelas
XI SMK N 2 Godean; (2) mengetahui minat berwirausaha ditinjau dari faktor eksternal; (3)
mengetahui minat berwirausaha ditinjau dari faktor internal; (4) mengetahui faktor yang dominan
dalam minat berwirausaha di bidang fashion. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini yaitu: siswa kelas XI Tata Busana 1,2,3 di SMK N 2 Godean sebanyak 91 siswa,
dengan sampel yang diambil sebanyak 75 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple
Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner). Pembuktian validitas
instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Minat berwirausaha di bidang fashion pada siswa kelas XI Tata Busana SMK N 2 Godean termasuk
dalam kategori tinggi (77,3%), skor mean ideal 120, dan rerata yang didapatkan 149,52; (2) Minat
berwirausaha ditinjau dari faktor eksternal dalam kategori tinggi (84%), dengan skor rata-rata 58,47
point, diperoleh nilai yang dominan pada faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah berada dalam
kategori tinggi (95%) ; (3) Minat berwirausaha ditinjau dari faktor internal dalam kategori tinggi
(64%), dengan skor rata-rata 92,11 point, diperoleh nilai yang dominan pada faktor internal yaitu
motivasi berada dalam kategori tinggi (96%); (4) Faktor dominan dalam minat berwirausaha di bidang
fashion pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean adalah faktor eksternal.

Kata kunci : Minat berwirausaha di Bidang Fashion

 

This study aims to find out: (1) interest in entrepreneurship in the fashion field among Grade
XI students SMKN 2 Godean; (2) interest in entrepreneurship terms of external factors; (3) interest in
entrepreneurship terms of internal factors; (4) and the dominant factors in the interest in
entrepreneurship in the fashion field. This was a descriptive study. The research population
comprised the students of Grade XI of Fashion Design 1, 2, and 3 at SMKN 2 Godean with a total of
91 students, and the number of sample 75 students. The sampling technique was the simple random
sampling technique. The data were collected by a questionnaire. The instrument validity was assessed
in terms of the content validity and construct validity. The results of the study are as follows. (1) The
interest in entrepreneurship in the fashion field among Grade XI students of SMKN 2 Godean is high
(77.3%), and the ideal mean score is 120 and the obtained mean score is 149.52. (2) The interest in
entrepreneurship in the fashion field in terms of external factors is high (84%), with a mean score of
58.47, and the dominant value of external faktors in family environmen is high (95%). (3) The interest
in entrepreneurship in the fashion field in terms of internal factors is high (64%), with a mean score
of 92.11, and the dominant value of internal faktors in motivation is high (95%). (4) The dominant
factors in the interest in entrepreneurship in the fashion field among them are the external factors.
Keywords: interest in entrepreneurship in the fashion

 


Full Text:

PDF

References


Asrosi, M. (2009). Psikologi Pembelajaran.

Bandung: CV Wacana Prima

Dassad, Ms. (2012). Faktor-faktor yang

mempengaruhi minat berwirausaha.

Jakarta: Yayasan Pustaka.

Fahmi I. (2014). Kewirausahaan Teori, Kasus,

dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Fitrianingsih, A.(2011). Minat Mahasiswa Prodi

D3 Tata Busana dalam Berwirausaha di

Bidang Busana. Skripsi. FT.UNM.

Istiqomah, P. (2017). Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Minat siswa dalam

Pemilihan Mata Pelajaran Keterampilan

Hidup Mandiri Tata Busana Kelas XI di

MAN Godean Yogyakarta. Skripsi. FT

UNY.

Jerusalem, M.A. (2011). Manajemen Usaha

Busana. Yogyakarta. Fakultas Teknik

UNY.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Subini, N. (2011). Mengatasi Kesulitasn

Belajar Pada Anak. Jakarta : Javalitera.

Suherman, E. (2008) Desain Pembelajaran

Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Sutantyo, N., & Saleh, R. (1984). Tata Busana

untuk Sekolah SMTK/SMKK. Jakarta:

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Winata, W. (1979). Orientasi Kerja untuk

SMTK/SMKK. Jakarta: Direktorat

Pendidikan Menengah Kejuruan.

DepDikBud.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i1.10565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1