PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET TEKNIK KAITAN UNTUK SISWA KELAS X SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNG KIDUL
Afif Ghurub Bestari, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media booklet teknik kaitan untuk siswa kelas X
SMKN 1 Saptosari, 2) mengetahui kelayakan media booklet teknik kaitan untuk siswa kelas X SMKN
1 Saptosari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan
model pengembangan 4D yang meliputi 1) Tahap define, 2) Tahap design, 3) Tahap develop. Metode
pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa 1) produk media booklet teknik kaitan untuk siswa kelas
X SMK N 1 Saptosari yang berhasil dikembangkan melalui proses pengembangan R & D. 2) Media
booklet teknik kaitan untuk siswa kelas X SMK N 1 Saptosari berdasarkan hasil validasi dari ahli
materi, ahli media, guru (pengguna) dan uji coba kepada siswa dinyatakan layak sebagai media
pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan, booklet, teknik kaitan
DEVELOPING A BOOKLET AS MEDIA FOR CROCHET TECHNIQUES FOR GRADE X
STUDENTS OF SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNG KIDUL
Abstract
This study aimed to: 1) produce a booklet as media for crochet techniques for grade X student
of SMKN 1 Saptosari, Gunung Kidul; and 2) investigate the appropriateness of the developed booklet.
This was a research and development study using the 4D development model. The stages in the study
were 1) define, 2) design, and 3) develop. The data were collected through observations, interviews,
and questionnaires. They were analyzed using descriptive analysis technique.The results of the study
were as follows. 1) The booklet as media for crochet techniques for grade X student of SMKN 1
Saptosari was developed through the research and development. 2) The booklet as media for crochet
techniques for grade X student of SMKN 1 Saptosari, based on the result of validation by materials
experts, media experts, teacher (user) and the result of tryout involving students, it can be conclued
that the booklet is appropriate as learning media.
Keywords: development, booklet, crochet technique
Full Text:
PDFReferences
French, C. (2011). How to Write Successful How
to Booklet. England UK: The Endless
Bookcase.
Imtihana, M. (2014). Pengembangan Buklet
Berbasis Penelitian Sebagai Sumber
Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di
SMA. Unnes Journal of Biology
Education. 3 (2) (2014). Hlm. 186-192.
Mulyaningsih, E. (2011). Metode Penelitian
Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:
Penerbit Alfabet.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Puspitorukmi, D. P. I., (2013). Eksplorasi Teknik
Crochet dengan Tema Warna Empat
Musim untuk Busana Muslimah. Jurnal
Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain No.
Hlm 2-10.
Sanaky, H. A. H. (2013). Media Pembelajaran
Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L, & Russell, J. D.,
(2012) Teknologi Pembelajaran dan Media
untuk Belajar (9
th
ed). (Terjemahan Arif
Rahman). Jakarta: KENCANA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan
Pengembangan. Bandung: Penerbit
Alfabet.
Sukandarrumidi. (2006). Metodologi Penelitian
Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula.
Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., Semmel, M. I.
(1974). Instructional Development for
Training Teacher of Exceptional Children.
Bloomington: Indiana University.
Widihastuti. (2007). Efektifitas Pelaksanaan
KBK pada SMK Negeri Progam Keahlian
Tata Busana di Kota Yogyakarta Ditinjau
dari Pencapaian Standar Kompetensi
Siswa. Tesis PPs-UNY.
Widoyoboko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan
Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Winarti. (2013). Tekstil II. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i1.10561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1