PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI JENIS BAHAN UTAMA DAN BAHAN PELAPIS UNTUK KELAS X SMK NEGERI 1 DLINGO
Dr. Widihastuti Widihastuti, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)menghasilkan Modul Identifikasi Jenis Bahan Utama dan
Bahan Pelapis untuk Kelas X SMK Negeri 1 Dlingo, dan (2)mengetahui kelayakan modul yang
dihasilkan, dilihat darirelevansi materi dan kriteriamedia,serta useryaitu guru dan siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan dengan modelBorg & Gall yang dikembangkan oleh Tim
Puslitjaknov. Tahapan penelitian ini meliputi 1) analisa kebutuhan produk, 2) pengembangan produk
awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji kelompok kecil dan revisi, 5) uji kelompok besar dan produk
akhir.Subjek penelitian 23 siswa Tata Busana SMK Negeri 1 Dlingo.Validitas instrumen
menggunakan validitas isi. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1) produk berupa modul identifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis
berhasil dikembangkan melalui penelitian R&D model pengembangan Borg & Gall yang
dikembangkan oleh tim Puslitjaknov, 2) modul identifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis
dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media,serta useryaitu guru dan siswa.Modul Identifikasi
Jenis Bahan Utama dan Bahan Pelapislayak digunakan untuk siswa X Tata Busana SMK Negeri 1
Dlingo.
Kata kunci:Pengembangan Modul, bahan utama, bahan pelapis
DEVELOPING A LEARING MODULE FOR THE IDENTIFICATION OF MAIN LINING
MATERIALS FOR GRADE X OF SMK NEGERI 1 DLINGO
Abstract
This study aims to: (1) produce a Module for the Identification of Main and Lining Materials
for Grade X SMK Negeri 1 Dlingo, and (2) investigate the appropriateness of the developed module
in terms of the relevance of the materials and the media criteria according to users, namely teachers
and students. This was a research and development research study using Borg & Gall’s model
developed by a team at the Center for Policy and Innvotion Studies. The research stages were: 1)product needs analysis, 2) preliminary product development, 3) expert validation and revision, 4) a
small-group tryout and revision, and 5) a large-group tryout and final product. The research subjects
were 23 students of Fashion Design of SMK Negeri 1 Dlingo. The instrument validity was assessed in
terms of the content validity. The date were analyzed using descriptive statistics. The results of the
study showed that: 1) the product in the from of a module for the identification of main and lining
materials was successfully developed through an R&D study using Borg & Gall’s development model
developed by a team at the Center for Policy and Innovation Studies; and 2) the module for the
identification of main and lining materials was appropriate according to the materials expert, media
expert, and users, namely teaches and students. The module for the identification of main and lining
materials is appropriate to be used by Grade X students of Fashion Design of SMK Negeri 1 Dlingo.
Keywords: module development, mail materials, lining materials
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada
Djemari, M. (2012).Pengukuran Penilaian &
Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta:
Nuha.
Prastowo, Andi (2011). Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar yang Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press
Tim Pulsitjaknov. (2008). Metode Penelitian
Pengembangan.Jakarta : Pusat Penelitian
Kebijakan dan Inovasi Pendidikan.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i1.10559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1