PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN DESAIN BUSANA PESTA KELAS XII SMK NEGERI 1 SEWON

Febri Rahmawati, , Indonesia
Sri Widarwati, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pelaksanaan pembelajaran menggambar busana pesta
dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (2)Peningkatan kompetensi pembuatan desain
busana pesta dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Metode penelitian
adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan: “Perencanaan-TindakanRefleksi”.
Subyek penelitian sejumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes
uraian, catatan lapangan, dokumentasi, serta tes unjuk kerja. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan
hasil layak . Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan hasil 0,615 interpretasi tinggi. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus dengan
langkah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup; meliputi evaluasi. Peningkatan kompetensi
menggambar busana pada tahap pra siklus 15 siswa telah mencapai KKM. Pada siklus 1 meningkat 22 siswa dan
pada siklus 2 menjadi 30 siswa. Hal ini membuktikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation dapat meningkatkan kompetensi pembelajaran menggambar desain busana pesta siswa kelas XII
SMK Negeri 1 Sewon.
Kata kunci : Group Investigation, Desain Busana Pesta

 

IMPLEMENTATION COOPERATIVE LEARNING METHOD TYPE GROUP INVESTIGATION TO
INCREASE PARTY DRESS FASHION DESIGN PRODUCTION COMPETENCE (STUDY IN XII GRADE
SMK N 1 SEWON)
Abstract
This study aimed to investigate: (1) the application of the learning of party dress drawing through the
cooperative learning of the group investigation type, and (2) the improvement in the competency in party dress
design making by applying the cooperative learning method of the investigation group type This was a classroom
action research (CAR) study using the model developed by Kemmis and McTaggart with the stages of planning,
action, and reflection. the research subjects who were 31 students The data were collected using observation
sheets, essay tests, field notes, documentation, and performance tests. The validity was assessed in terms of the
content validity stated that the instruments were appropriate to be used in the study. The reliability was assessed by
Cronbach’s alpha formula yielding a coefficient of 0.615, indicating high reliability. The data were analyzed using
descriptive analysis techniques.The learning was carried out in two cycles with the stages of: preliminary
activities, main activities, and closing activities. The raising of competency in party dress drawing in the pre-cycle
stage was 15 students attaining the minimum mastery criterion (MMC). In Cycle 1 it improved to 22 students and
in Cycle 2 it improved to 30 students. These showed that the application of the cooperative learning model of the
group investigation type can improve the attainment of the competency in the learning of party dress design
drawing of Grade XII students of SMK Negeri 1 Sewon.
Keywords: Group Investigation, Party dress design


Full Text:

PDF

References


Afif Ghurub Bestari. 2011. Menggambar Busana

Teknik Kering. Klaten: Intan sejati

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning

Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar

Chodijah dan Wisri A. Mamdy. 1982. Desain

Busana. Jakarta: DEPDIKBUD.

Paryanto. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran

Kolaboratif Tipe Group Investigation

untuk Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran Teori Pemesinan Dasar.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Vol 19 No. 2 : 173

Robert E. Slavin. 2009 Cooperative Learning

Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa

Media

Sri Widarwati. 1996. Desain Busana I I.

Yogyakarta: JPKK FT UNY.

Sri Widarwati.,DKK. 2014. Implementasi Alat

Evaluasi Menggambar Busana di SMK

Swasta Kelompok Pariwisata Kabupaten

Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Vol 22 No. 2 : 211

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian.

Cetakan ke 12. Bandung: Penerbit Alfabeta

Widihastuti, 2007. Pencapaian Standar

Kompetensi Siswa SMK Negeri Program

Keahlian Tata Busana di Kota

Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan

KBK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Vol. 16, No. 2: 236

Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama. 2010.

Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i1.10558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1