PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH MEMBUAT POLA KEMEJA PRIA SISWA SMK NEGERI 1 SEWON
Sugiyem, M.Pd Sugiyem, , Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan: 1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash kompetensi
membuat pola kemeja pria untuk siswa SMK Negeri 1 Sewon, 2) mengetahui kelayakan media
pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan sesuai model
pengembangan menurut Anik Ghufron. Penelitian melalui empat tahapan, yaitu: 1) studi pendahuluan
meliputi studi pustaka dan lapangan, 2) pengembangan, terdiri dari perencanaan, pengembangan
produk dan uji kelayakan, 3) uji coba lapangan skala kecil dan besar serta produk akhir, dan 4)
diseminasi. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian: 1) media pembelajaran sesuai
dengan materi dan silabus di SMK, durasi media ± 45 menit, format file .swf dan disimpan pada CD.
2) kelayakan media oleh judgement expert menunjukkan klasifikasi layak pada aspek pembelajaran
dengan skor 3,6, aspek isi/ materi dengan skor 4,0 dan aspek tampilan dengan skor 3,7. Uji coba
lapangan skala kecil diklasifikasikan layak dengan skor 3,78 dan skala besar diklasifikasikan layak
dengan skor 3,97.
Kata kunci : pengembangan media pembelajaran, adobe flash, pola kemeja pria
This research aim to: 1) to develop a learning media based on Adobe Flash of men’s shirts
pattern making competency for grade XI student in State Vocational School 1 Sewon, 2) to finding out
the learning media’s appropriatness. This is a research and development (R&D) study types based on
development model by Anik Ghufron. This research is through four stages, namely: 1) preliminary
study which include the libraries and the field study, 2) the development that consists of planning
stage, product developing stage, and appropriatness test stage, 3) field test which includes preliminary
field test on small-scale, main field test on large-scale and final product, 4) dissemination. The subject
in this research is 36 students. The result of this research study is: 1) product learning media in
accordance with the materials and syllabus in State Vocational School, media presentation duration is
around 45 minutes, media file formats shaped .swf and the media can be saved in a CD. 2) the
learning media appropriatness by judgment expert showed that the learning media can be classified
as appropriate for the lessons aspect with assesment 3,6, on the content material aspect with
assesment 4,0, the media aspect with assesment 3,7. Preliminary field test on small-scale can be
classified as appropriate with assesment 3,78 and on large-scale can be classified as appropriate with
assesment 3,97.
Key words : development of learning media, adobe flash, the men’s shirts pattern
Full Text:
PDFReferences
Anik Ghufron, Widyastuti Purbani, Sri
Sumardiningsih. (2007). Panduan
Penelitian dan Pengembangan Bidang
Pendidikan dan Pembelajaran.
Penerbit: Lembaga Peneliti
Universitas Negeri Yogyakarta,
Karangmalang, Yogyakarta.
Azhar Arsyad. (2009). Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Eko Putro Widoyoko. (2016). Evaluasi
Program Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh
Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Oemar Hamalik. (2003). Media
Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya
Bakti.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1