PENGEMBANGAN MODUL PENGENALAN BATIK BAGI SISWA KELAS IV SD N 01 DLIMOYO TEMANGGUNG
Sugiyem Sugiyem, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini : 1) mengembangkan modul pengenalan batik bagi siswa kelas IV SDN 01
Dlimoyo Temanggung, 2) mengetahui kelayakan dari modul pengenalan batik bagi siswa kelas IV SDN
01 Dlimoyo Temanggung. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan delapan
tahapan yaitu Potensi dan masalah, Mengumpulkan informasi, Desain produk, Validasi desain,
Perbaikan desain, Uji coba produk, Revisi produk, dan Uji coba pemakaian skala besar. Penelitian
dilaksanakan di SD N 01 Dlimoyo Temanggung dengan subyek penelitian sebanyak 32 siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) terciptanya
media pembelajaran berupa modul pengenalan batik bagi siswa kelas IV SD, 2) Kelayakan modul
pengenalan batik bagi siswa kelas IV SD berdasarkan penilaian para ahli termasuk dalam kategori layak
dengan presentase kelayakan 100%. Hasil Uji coba skala kecil dengan 5 responden diperoleh presentase
100% dengan kategori ”setuju” sedangkan uji coba skala besar diperoleh presentase sebanyak 75% dari
27 responden dengan kategori ”setuju” modul pengenalan batik digunakan sebagai media pembelajaran.
Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran modul pengenalan batik sudah “layak” digunakan
sebagai media pembelajaran materi pengenalan batik.
Kata Kunci : Penggembangan Modul, Pengenalan Batik
This study aimed to: 1) develop a module to introduce batik to Grade IV students of SDN 01
Dlimoyo,Temanggung; and 2) investigate the appropriateness of the module to introduce batik to Grade
IV students of SDN 01 Dlimoyo,Temanggung. This was a research and development (R & D) study with
eight stages: potential and problem, information collection, product design, design validation, design
improvement, product tryout, product revision, and large -scale tryout. The study was conducted at SDN
01 Dlimoyo,Temanggung,involving 32 students as research subjects. The data analysis technique was
the descriptive analysis technique.The results of the study were as follows. 1) The product was learning
media in the form of a module to introduce batik to Grade IV students of the elementary school. 2) The
module to introduce batik to Grade IV students of the elementary school based on the assessment by
experts was appropriate with 100% of appropriateness. The results of the small-scale tryout involving 5
respondents showed 100% of agreement while the large-scale tryout showed that 75% of 27 respondents
agreed to use the module to introduce batik as learning media. This showed that the module to introduce
batik as learning media was appropriate to be used as learning media for the topic of batik introduction.
Keywords: Module Development, Batik Introduction
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. (2013). Model – model, Media,
dan Strategi Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Jurnal Pendidikan Teknik Busana Tahun 2017
Arikunto, suharsimi. (2010). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta : Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta : Rajawali Pers.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran.
Bandung : Satu Nusa.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran
Peranan Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Yogyakarta : Gava Media.
Daryanto. (2013) . Menyusun Modul Bahan
Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam
Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Pembinaan SMA. (2008) . Panduan
Pengembangan Bahan Ajar. Departemen
Pendidikan Nasional . Jakarta.
Direktorat Pembinaan SMK. (2008) . Teknik
Penyusunan Modul, Seri Bahan
Bimbingan Teknis Implementasi KTSP.
Departemen Pendidikan Nasional .
Jakarta.
Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik
Dan Tenaga Kependidikan. (2008) .
Penulisan Modul . Departemen
Pendidikan Nasional . Jakarta.
Irawan, Candra S. (1984) . Batik Dan
Membatik. Jakarta: Akadoma.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2013).
Media Pembelajaran Manual dan
Digital. Bogor : Ghalia.
Lisbianto, Herry. (2013) . Batik . Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Musman, Asti. (2011) . Warisan Adiluhung
Nusantara. Yogyakarta: CV. Andi
Offset.
Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Bandung :
Alfabeta.
Rusdiati, Sri. (2000) . Membatik ( Diktat
Kuliah. Tidak Diterbitkan).
Rusman. (2010) . Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Rajawali Persada
Sadiman, Arief S. dkk. (2014). Media
Pendidikan Pengertian Pengembangan,
dan Pemanfaatannya. Jakarta :
Rajawali Pers.
Setyosari. (2012) . Metode Penelitian,
Pendidikan & Pengembangan. Jakarta:
Kencana Persada Media Group.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2013). Media
Pengajaran (Penggunaan dan
Pembuatannya). Bandung : Sinar Baru
Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung : Alfabeta.
Sumanto (2015). Makna Simbolis Gambar
Anak-Anak. Malang: Gunung Samudra
Suparno, Paul (2006). Teori Perkembangan
Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta:
Kanisius
Susanto, Sewan. (1980) . Seni Kerajinan Batik
Indoensia. Yogyakarta: Balai Penelitian
batik & Kerajinan Departemen
Perindustrian.
Soedewi, Sri. (2007) . Teknik & Ragam Hias
Batik . Yogyakarta: Balai Penelitian batik
& Kerajinan Departemen Perindustrian.
Sukiman. (2012) . Pengembangan Media
Pendidikan.Yogyakarta: Pedajogja.
Susilana, Rudi & Riyana, Cepi. (2008). Media
Pembelajaran. Bandung : Jurusan
Kurtekpend FIP UPI.
Tim Puslitjaknov. (2008) . Metode Penelitian
Pengembngan. Pusat Kebijakan Dan
Inovasi Pendidikan BadanPenelitianDan
Pengembangan Departemen Pendidikan
Nasional . Jakarta.
Uno, Hamzah B. (2007) . Model Pembelajaran
Menciptakan Proses Belajar Mengajar
Yang Kreatif & Efektif. Jakarta: Bumi
Aksara.
Pengembangan Modul Pengenalan ....(Cindra Miftachul H )11
Warsita, Bambang. (2008) . Teknologi
Pembelajaran Landasan & Aplikasinya.
Jakarta: Rineka Cipta.
Widoyoko, Eko P. (2012).Teknik Penyusunan
Instrumen Penelitian. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar.
Wulandari, Ari. (2011). Batik Nusantara Makna
Filosofi, Cara pembuatan & Industri
Batik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1