HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT KEMEJA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Normaliya Rizan Islamiyati, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui motivasi belajar dan pencapaian kompetensi siswa
di SMK Negeri 3 Klaten dalam  menjahit kemeja kelas XI, (2) membuktikan adanya hubungan antara
motivasi  belajar  dengan  pencapaian  kompetensi  menjahit  kemeja  kelas  XI  pada  mata  pelajaran
pembuatan  busana  industri  di  SMK  Negeri  3  Klaten.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  korelasi.
Populasi  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  XI  SMK  Negeri  3  Klaten  sebanyak  95  siswa.
Ukuran sampel penelitian sebanyak 75 siswa ditentukan dengan Nomogram Harry King dengan taraf
signifikansi  5%,  kemudian  sampel  ditentukan  dengan  teknik  simple  random  sampling.  Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, lembar psikomotor dan dokumentasi. Analisis
data  dilakukan  dengan  statistik  metode  parametrik  dengan  uji  prasyarat  meliputi  uji  normalitas,  uji
linearitas  kemudian  menggunakan  korelasi  product  moment  dari  Pearson  dengan  bantuan  SPSS  16.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  motivasi  belajar  dalam  menjahit  kemeja  dikategorikan
sangat  tinggi  dengan  mean  117,59  (70%),  dan  pencapaian  kompetensi  dalam  menjahit  kemeja
dikategorikan sangat tinggi dengan mean 84,71 (32%)  siswa  kelas XI SMK Negeri 3 Klaten  (2) ada
hubungan  antara  motivasi  belajar  dengan  pencapaian  kompetensi  menjahit  kemeja  dimana  r  hitung
sebesar 0,398, lebih besar dari r tabel 0,227 dengan N=75 pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci: Motivasi, kompetensi kemeja, Siswa

This study aims  to: (1) find out the learning  motivation  and  their attainment  competency  to
sew shirts among Grade XI of students of SMK Negeri 3 Klaten, (2) prove the relationship between the
learning  mot  ivation  and  the  attainment  of  the  shir  t  making  competency  i n  the  subject  of  making
industrial clothing.This was a cor relational study. The research population compr ised all students of
Grade  XI  of  SMK  Negeri 3  Klaten  with  a  total  of  95  students.  The  sample size  of  75 students  was
determined  by  means  Har  ry  King’s  Nomogram  with  a  significance  level  of  5%  and  then  it  was
selected  by  the  simple  random  sampling  technique.  The  data  were  collected  through  observations,
questionnaires, tests, psychomotor test sheets, and documentation. They were analyzed by parametr ic
statist  ics  with  assumption  tests  consisting  of  tests  of  normality  and  linear  ity  and  by  Pear  son’s
product moment cor relation using SPSS  16. The results of the study show that: (1) the motivation  is
very high with a mean score of 117.59 (70%),  and  their attainment  competency  is very high with a
mean score of 84.71 (32%)  to sew shirts among Grade XI students of SMK Negeri 3 Klaten . (2) there
is a relationship between the learning mot ivation and the attainment of the shir t sewing competency
with r observed = 0.398 > r t able = 0227 and N = 75 at the 5% significance level.
Keywords: Motivation, shirt sewing competency, Students

 


Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Bandung: Remaja

Rosda Karya.

Elida Prayitno. (1989). Motivasi Dalam

Belajar. Jakarta : Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jendral Pendidikan

Tinggi.

Hamzah B. Uno. (2014). Teori Motivasi

Dan Pengukurannya Analisis Di

Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Sardiman A. M. (2011). Interaksi &

Motivasi Belajar Mengajar Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Wahyu Eka P.S. 2011. Busana Pria. Jawa

Tengah. PT Intan Sejati Klaten




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1