IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORINGDENGAN BANTUAN JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SULAM PITA SISWA KELAS XII DI SMK N 1 SEWON
Enny Zuhni Khayati, M.Kes, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi metode pembelajaran peer
tutoring dengan bantuan jobsheet. 2) Peningkatan hasil belajar sulam pita dengan implementasi
metode pembelajaran peer tutoringdengan bantuan jobsheet. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas model Kemmis & Mc Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan: tes,
observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan judgement expert
dan dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan kesepakatan antar rater dengan hasil
instrumen dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi metode pembelajaran peer tutoring
dengan bantuan jobsheet dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga tahapan pembelajaran yaitu
pembukaan, kegiatan inti dan penutup. 2) Peningkatan hasil belajar sulam pita pada pra siklus 18
siswa (64%) yang mencapai KKM dengan mean 77,5 dan meningkat pada siklus pertama 20 siswa
(72%) yang mencapai KKM dengan mean 82,4 dan pada siklus kedua 28 siswa (100%) mencapai
KKM dengan mean 86,9. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran peer tutoringdengan
bantuan jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sulam pita.
Kata kunci: Metode Peer Tutoring, Jobsheet,Hasil Belajar Sulam Pita
This research aims to find out: 1) implementation ofpeer tutoringlearning methods with the
help ofjobsheet,2) Improved learning results for embroidery ribbons with the implementation of peer
tutoring learning methods with the help of jobsheet. This type of research this is a class action
Research model Kemmis & Mc Taggart. Method of data collection: using tests, observation and
documentation. The validity of the instrument using the validity of the content by the expert
judgement and declared valid. Reliability of the instrument use agreement between instruments with
results declared rater reliability. Analytical techniques descriptive analyses with data using a
percentage. The results showed that: 1) implementation of peer tutoringlearning methods with the
help of jobsheet is implemented in two cycles, with three stages of learning i.e. the opening, closing
and core activities. 2) Improved learning results for embroidery Ribbon on pre cycle 18 students
(64%) to reach the KKM with mean 77.5 and improved on the first cycle of 20 students (72%) to
reach the KKM with mean 82.4 and on the second cycle of 28 pupils (100%) reach the KKM with
mean 86.9. This proves that learning peer tutoringmethods with the help ofjobsheet can improve
student learning outcomes on the material for embroidery Ribbon.
Key words: method of Peer Tutoring, Jobsheet, Study Results for Embroidery Ribbon
Full Text:
PDFReferences
Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset
Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik.
Yogyakarta: UNY Press.
Miftahul Huda. (2012). Cooperative
Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sukamto. (1988). Perencanaan dan
Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Teknologi kejuruan.Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
Widjiningsih. (1982). Disain Hiasan
Busana dan Lenan Rumah Tangga.
Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Djoko Santoso dan Sri Waluyanti. (2015).
Peningkatan Kesiapan Mahasiswa Dalam
Menempuh Praktek Lapangan Melalui
Peer Teaching Dengan Pendekatan
Kooperatif Jigsaw. Jurnal Pendidikan
Teknologi Dan Kejuruan. 22 (III). Hlm.
- 371.
Amat Jaedun. (2009). Penerapan Model
Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet
Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar
Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Fisika.
Jurnal Pendidikan Teknologi Dan
Kejuruan( Nomor 1 Vol 18). Hlm. 40 -60.
Sri Waluyati.(2010). Meningkatkan
Kompetensi Pedagogi Dan Vokasional
Melalui Metode Peer Teaching Dan
Implementasi Metode Pembelajaran...(Irna Widyastuti) 15
Kooperatif Jigsaw Pada Mata Kuliah
Sistem Video. Jurnal Pendidikan
Teknologi Dan Kejuruan. Vol.19, No. 1.
Hlm. 124 - 134.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1