FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMILIHAN MATA PELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA KELAS X DI MAN GODEAN YOGYAKARTA
Widyabakti Sabatari, M.Sn, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) minat siswa dalam memilih mata pelajaran Keterampilan
Hidup Mandiri Tata Busana; (2) faktor internal yang dominan mempengaruhi minat siswa dalam memilih mata
pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana; (3) faktor eksternal yang dominan mempengaruhi minat siswa
dalam memilih mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana. Penelitian ini merupakan penelitian
diskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X yang mengambil mata
pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana di MAN Godean Yogyakarta sebanyak 49 siswa dan diambil
semua sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Validitas
instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha
Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) minat siswa
termasuk dalam kategori sedang dengan frekuensi 25 siswa (51%) , kategori tinggi dengan frekuensi 8 siswa
(16%), kategori rendah dengan frekuensi 13 siswa (27%), dan kategori sangat rendah dengan frekuensi 3 siswa
(6%) dengan skor rerata 101,3; (2) Faktor internal yang mempengaruhi minat siswa meliputi perhatian,
keingintahuan, bakat, kebutuhan, kesehatan, motivasi , dan kelelahan. Faktor internal yang dominan adalah faktor
kebutuhan dengan frekuensi 33 siswa (67%) dengan skor rerata 12,12; (3) Faktor eksternal yang mempengaruhi
minat siswa meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Faktor eksternal
dominan adalah faktor lingkungan sekolah dengan frekuensi 20 siswa (41%) dengan skor rerata 12,04.
Kata kunci : Minat siswa, Faktor Internal dan Faktor Eksternal
Abstract
This study aims to investigate: (1) the interest in choosing the subject of Autonomous Life Skills in Fashion
Design; (2) the dominant internal factor affecting the interest in choosing the subject of Autonomous Life Skills in
Fashion Design; and (3) the dominant external factor affecting the interest in choosing the subject of Autonomous
Life Skills in Fashion Design. This was a descriptive study using the survey approach. The research population
comprised Grade X students taking the subject of Autonomous Life Skills in Fashion Design at MAN Godean,
Yogyakarta with a total of 49 students and all of them were selected as the sample. The data were collected by a
questionnaire and documentation. The instrument validity was assessed in terms of the content validity and the
construct validity. The instrument reliability was assessed in term Alpha Cronbach Alpha technique. The data
analysis technique was the descriptive technique. The results of the study are as follows. (1) the interest show that
it is moderate indicated by 25 students (51%), is high indicated by 8 students (16%), is low indicated by 13 students
(27%), is very low indicated 3 students (6%) with a mean score of 101,3. (2) The internal factor affecting the
interest such as the attention, curiosity, talent, needs, healthy, motivation, and tired.The dominant internal factor
is the needs factor, with a frequency of 33 students (67%) with a mean score of 12,12. (3) The external factor
affecting the interest such as the family environmental, school enviromental, and society environmental. The
dominant external factor affecting the interest, is the school environmental factor, with a frequency of 20 students
(41%) with a mean score of 12,04.
Keywords: Students’ Interest, Internal Factor, External Factor
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistik
Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Djemari Mardapi.(2012). Teknik Penyusunan
Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta :
Mitra Cendikia.
Endang Mulyaningsih. (2012). Metode Penelitian
Terapan Bidang Pendidikan.
Bandung:Alfabeta.
Hurlock, Elizabeth B (1978). Perkembangan
Anak Jilid 2. (Alih bahasa: dr. Med.
Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga.
Maji Bunga Mei Wulandari. (2012). FaktorFaktor yang Mempengaruhi Minat Siswa
Laki-Laki dalam Memilih Program
Keahlian Boga di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi.
Yogyakarta. FT UNY.
M. Dalyono, (1997). Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibbin Syah. (2011).Psikologi Belajar.
Jakarta: Rajawali Pers.
Nini Subini. (2012). Psikologi Pembelajaran.
Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Siti Nurmala. (2012). Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Minati Siswa kelas IX SMP
untuk Melanjutkan ke SMKN 2 Simpang
Empat Kompetensi Keahlian Perawat
Kesehatan Kabupaten Tanah Bambu.JPTK
Vol. 21 No 1. Tanah Bambu: SMK N 2
Simpang Empat.
Slameto. (1987). Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D). Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Wahana Komputer. (2009). Pengolahan Data
Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta:
Salemba Infotek.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1