PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PENGASIH
Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille tanpa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. (2) mengetahui
pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada
siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. (3) membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD
terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. Metode penelitian
ini adalah Pre-Experimental dengan desain post-test-only with nonequivalent groups. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X Tata Busana. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengumpulan
data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi untuk
instrumen non-tes dan validitas konstruk untuk instrumen tes. Reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan
antar rater untuk instrumen non-tes dan menggunakan rumus alpha cronbach untuk instrumen tes. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1)
Pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih sebesar 67,9% (19 siswa) telah mencapai KKM. (2) Pencapaian
kompetensi pembuatan saku passepoille yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa
kelas X SMK N 1 Pengasih sebesar 100% siswa telah mencapai KKM. (3) Ada pengaruh penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille di SMK Negeri
1 Pengasih, dilihat dari hasil penghitungan dengan uji-t diperoleh t
hitung
>t
(5,635>2,00488) dengan nilai P<0,05
(0,000<0,05).
Kata Kunci: STAD, Pencapaian Kompetensi, Saku Passepoille
tabel
THE EFFECT OF THE COOPERATIVE LEARNING MODEL OF THE STUDENT TEAMS
ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TYPE ON THE ATTAINMENT OF THE PASSEPOILLE POCKET
MAKING COMPETENCY AMONG GRADE X STUDENTS OF SMK NEGERI 1 PENGASIH
This study aimed to: (1) find out the attainment of the passepoille pocket making competency without
applying the cooperative learning model of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) type among Grade X
students of SMKN 1 Pengasih, (2) find out the attainment of the passepoille pocket making competency by applying
the cooperative learning model of the STAD type among them, and (3) prove that there was an effect of the
cooperative learning model of the STAD type on them. This was a pre-experimental study using the post-test-only
with nonequivalent groups design. The research population comprised all Grade X students of Fashion Design.
The sample was selected by means of the simple random sampling technique. The data were collected by test and
non-test instruments. The instrument validity was assessed in terms of the content validity for the non-test
instrument and the construct validity for the test instrument. The instrument reliability was assessed by inter-rater
of agreement for the non-test instrument and using cronbach's Alpha for the test instrument. The data were
analyzed by descriptive statistics. The hypothesis testing used the t-test. The results of the study were as follows. (1)
Regarding the attainment of the passepoille pocket making competency without applying the cooperative learning
model of the STAD type among Grade X students of SMKN 1 Pengasih, 67,9% (19 students) attained the minimum
mastery criterion (MMC) (2) Regarding their attainment of the passepoille pocket making competency by applying
the cooperative learning model of the STAD type, 100% of the students attained the MMC. (3) There is effect of the
cooperative learning model of the STAD type on the attainment of the passepoille pocket making competency
among grade X students of SMK Negeri 1 Pengasih, this was indicated by the result of the t-test showing t
(5,635>2,00488) with p-value<0.05 (0.000<0.05)
Keywords: STAD, Competency Attainment, Passepoille Pocket
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori
belajar dan pembelajaran. Bogor : Penerbit
Ghalia Indonesia
Creswell, John W. (2014). Research Design
Qualitative Quantitative and Mixed
Methods Approaches . London: SAGE
Grinnel, Jr. & Richard, M. (1988). Social Work
Research and Evaluation. Third Edition.
Illionis: F.E. Peacock Publisher.
Ika Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia
Permata
Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi
Pengaruh Model Pembelajaran.... (Tirta Ariyani) 10
Pembelajaran “Teori dan Aplikasi”.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Miftahul Huda. (2011). Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nana Sudjana. (1989). Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja
Rosdakarya
Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar
Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD Pada Pembelajaran Dasar Sinyal
Video. Jurnal Penelitian Teknologi dan
Kejuruan. vol. 22, no 4, hlm 424-431
Umi Rochayati, Djoko Santoso, Muhammad
Munir. (2014). Model Pembelajaran
Learning Cycle Kooperatif Tipe STAD
untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan
Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan. vol. 22, no. 1,
hlm. 109-118
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1