PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU VIDEO UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA PENYELESAIAN GAMBAR BUSANA DI SMKN 1 NGAWEN
Triyanto, M.A Triyanto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui penerapan model discovery learning berbantu video
pada materi penyelesaian gambar busana, (2) meningkatkan unjuk kerja penyelesaian gambar busana teknik basah.
Penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling di kelas XI busana B. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dinyatakan layak oleh
ahli materi dan ahli model pembelajaran. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach dengan hasil
reliable dikategori tinggi sebesar 0,729. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model discovery learning berbantu video diterapkan dalam
terdiri dari 2 siklus meliputi kegiatan pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. (2) nilai unjuk kerja pra siklus 18
siswa (60%) berada di atas kategori baik, siklus I jumlah siswa di atas kategori baik sebesar 22 siswa (73%),
siklus II jumlah siswa berada di atas katergori baik sebesar 30 siswa (100%).
Hal ini menunjukkan
bahwa model
discovery learning berbantu video dapat meningkatkan unjuk kerja penyelesaian gambar busana.
Kata kunci : Discovery Learning, Menggambar Busana, Unjuk Kerja
Full Text:
PDFReferences
Putro Widoyoko, Eko. 2014. Penilaian Hasil
Belajar di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
M. Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : Erlangga.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : PT. Bumi Askara.
Moh. Sholeh Hamid. 2011. Standar Mutu Penilaian
Dalam Kelas. Yogyakarta:DIVA Press.
Syaiful Bahri Djamarah. 2014. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sri Widarwati. 2000. Desain Busana II.
Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Wijaya Kusumah. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Indeks
Marsudi, (2016). Penerapan Model Konstruktivistik
dengan Media File Gambar 3D untuk
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil
Belajar. Jurnal JPTK. UNY. (online : Http
//journal.uny.ac.id/index.php/jptk, diakses 20
April 2017).
Jurnal Pendidikan Teknik Busana UNY – Edisi 2017
Muhammad Munir, (2013). Analisis Pengembangan
Media Pembelajaran Pengolah Angka
(Spreadsheet) Berbasis video Screencast.
Jurnal JPTK. UNY. (online : Http
//journal.uny.ac.id/index.php/jptk, diakses 20
April 2017).
Satoto Endar Nayono dan Nuryadin ER. (2013).
Pengembangan Model Pembelajaran Project
Based Learning Pada Mata Kuliah Computer
Aided Design. Jurnal JPTK. UNY. (online :
Http //journal.uny.ac.id/index.php/jptk,
diakses 20 April 2017.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1