PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL UNTUK SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA
Dr. Widihastuti Widihastuti, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan modul pembelajaran pemeliharaan bahan
tekstil yang baik, layak digunakan, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran pemeliharaan
bahan tekstil pada siswa kelas X Busana butik SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian R&D. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model Borg and
Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov, terdiri lima langkah pengembangan yaitu: 1) analisis
kebutuhan, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil
dan revisi, dan 5) uji lapangan skala besar. Instrumen yang digunakan untuk menilai baik dari segi
materi maupun media dibuktikan melalui vaiditas isi dan konstrak. Setelah instrumen dinyatakan valid
oleh expert maka instrumen dapat digunakan oleh ahli media dan materi untuk menilai kelayakan
modul. Subyek penelitian uji coba skala kecil untuk instrumen angket berjumlah 7 siswa kelas X,
terdapat 3 butir soalpada instrumen yang gugur dan dinyatakan valid 30 butir soal. Subyek penelitian
uji coba skala besar berjumlah 21 siswa kelas X. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) produk berupa modul pembelajaran pemeliharaan bahan
tekstil, yang baik dan layak. 2) Hasil uji kelayakan modul pemeliharaan bahan tekstil sudah
dinyatakan layak oleh ahli materi, media dan pengguna modul.
Kata kunci:Pengembangan, modul pembelajaran, pemeliharaan bahan tekstil
Abstrack
This study aimed to: (1) produce a module on textile materials maintenance which was good ,
appropriate to be used, (2) investigate the appropriateness of the module. This was a research and
development (R & D) study. The development model in this study used Borg and Gall’s model
simplified by the Center for Educational Policy and Innovation Studies, the Research and
Development Agency, consisting of five development steps, i.e.: 1) needs analysis, 2) preliminary
product development, 3) expert validation and revision, 4) small-scale field tryout and revision, and 5)
large-scale field tryout and final product. The instruments used to evaluate the materials and media
aspects were assessed in terms of the validity through the content and construct validity. After the
instruments were judged valid, the media and materials experts used them to assess the
appropriateness of the module. The subjects of the small-scale tryout for the questionnaire were 7
students of Grade X; 3 items in the instrument were invalid and 30 items were valid. The subjects of
the large-scale tryout were 21 students of Grade X. The data analysis technique was the descriptive
technique.The results of the study were as follows. 1) The product was a learning module on materials
textile maintenance, which was good and appropriate to be used. 2)The result of the assessment of the
appropriateness of the module on textile materials maintenance according to the materials the media
expert,the materials expertof the appropriateness criteria the module was appropriate
Keywords:development, module, textile materials maintenance
Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo. (2011).Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar
Inovatif.Yogyakarta: Diva Press
Chosim S. Widodo dan Jasmadi.(2008).
Panduan menyusun Bahan Ajar
Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT
Alex Media Komputindo
Muhamad Zainni. (2009). Pengembangan
Kurikulum. Yogyakarta: Penerbit
Teras
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Tim Pengembangan MKDP. (2011).
Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: PT. Raja Grafindo
Tim Puslitjaknov. (2008). Metode
Penelitian Pengembangan. Jakarta:
Pusat Penelitian Kebijakan Dan
Inovasi Pendidikan Badan Penelitian
dan Pengembangan Departemen
Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i2.10246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1