PENGEMBANGAN MEDIA CHART TIGA DIMENSI PEMBUATAN LIPIT DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR
Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media chart tiga dimensi (3D)
pembuatan lipit, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran chart tiga dimensi (3D) pembuatan
lipit. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur
pengembangan mengikuti langkah TIM Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi (Puslitjaknov) yang
terdiri dari lima tahapan, yaitu : (1) analisis kebutuhan produk, (2) mengembangkan produk awal, (3)
validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan produk akhir.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Subyek penelitian untuk
uji coba skala kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba skala besar 34 siswa. Validasi media
pembelajaran chart tiga dimensi (3D) dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dengan persentase, dimana kelayakan media chart tiga dimensi (3D)
diperoleh melalui uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, serta pendapat dari ahli materi maupun
ahli media. Hasil penelitian ini adalah : (1) telah dihasilkan produk media pembelajaran berupa media
chart tiga dimensi (3D) pembuatan lipit, (2) media pembelajaran chart tiga dimensi (3D) pembuatan
lipit dinyatakan layak digunakan. Ahli materi menyatakan bahwa media chart tiga dimensi (3D)
berada dalam kategori layak dengan skor keseluruhan responden dengan nilai 9 poin, serta ahli media
menyatakan layak dengan skor keseluruhan responden dengan nilai 14 poin, hasil uji coba skala kecil
dengn skor total 776 dengan persentase 54% berada dalam kategori layak, dan uji coba skala besar
dengan skor total 2966 dengan persentase 64% dalam kategori layak.
Kata kunci:pengembangan media chart tiga dimensi (3D), pembuatan lipit
Abstract
This study aimed to: (1) develop 3D media chart of basic pleated, (2) understanding the
feasibility of 3D media chart of basic pleated. The study is research and development (R&D) with
TIM Puslitjaknov procedure consisting 5 step: (1) analyse main need, (2) develop early product, (3)
validation of expert and revision, (4) train and error in small scale and revise, (5) train and error
within bid scale and latest product. The data were collected trough observations, interviews, and
questionnaires. The research subjects for the small-scale tryout were 10 students and those for the
large-scale tryout were 34 students. The three-dimensional chart learning media were validated
media experts and materials experts. The data analysis technique was the descriptive statistical
analysis technique using percentages where the feasibility is gained through testing in small and
larger scale. Also trough opinions of expert in related field and media. The result of the study are: (1)
learning media such as (3D) media chart of basic plated, (2) 3D learning media chart of basic oalted is
which is feasible to use. The expert stated that the 3D chart is with score 9, and media expert stated
the media is feasible with score of 14. Result in small scale shows total score of 776 with 54% of
feasibility and testing larger scale with total score of 2966 with 64% of feasibility.
Keywords: developing three dimensional (3D) chart media, pleat making
Full Text:
PDFReferences
Anik Gufron. (2007). Panduan Penelitian
dan Pengembangan Bidang Pendidikan
dan Pembelajaran
Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada
Daryanto.(2010). Media Pembelajaran.
Bandung: Satu Nusa
Hamalik Oemar. 1982. Media Pendidikan.
Bandung: Penerbit Alumni
Mansur Muslich. (2007). KTSP Dasar
Pemahaman danPengembangan.
Jakarta: PT. Bumi Aksara
Miftahul Huda. 2013: MODEL-MODEL
PENGAJARAN DANPEMBELAJARAN
Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Munadi Yudhi. 2013. Media Pembelajaran.
Jakarta: REFERENSI
Nanie Asri Yuliati, 1993. Teknologi Busana.
FPTK IKIP Yogyakarta: Yogyakarta
Nana Sudjana.(2002). Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru
Riduwan, M.B.A. 2009. Metode dan Teknik
Menyusun Proposal Penelitian.
Bandung: ALFABETA
Sadima Arief. 2011. Media Pendidikan .
Jakarta: Rajawali Pers
Saifudin Azwar. (2001). Reliabilitas dan
validitas.Pustaka Belajar: Yogyakarta
Sugiyono.2008. Metode Penelitian
Pendidikan.Statistika Untuk Penelitian
Bandung :Alfabeta
Surjaweni Wiratna V. SPSS Untuk Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Universitas Negeri Yogyakarta.(2011).
PedomanTugas Akhir.Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta
Vina Giri Liani (2009). Pengembangan Media
Pembelajaran Chart Mata Diklat
Menggambar Busana di SMK Piri 2
Yogyakarta.Skripsi. FT UNY
Wijaya dkk (1999).Proses pembelajaran.
Jakarta: Kencana
Dina, I. (2011). Ragam Alat Bantu Media
Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Banttu Media
Pengajaran. Yogyakarta: Diva Pers.
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian
Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Puslitjaknov, T. (2008). Metode Penelitian
Pengembangan. Pusat Penelitian
Kebijakan & Inovasi Pendidikan Badan
Penelitian & Pengembangan
Departemen Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i2.10244
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1