HUBUNGAN PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA KEMEJA PRIA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Deni Cridiana Seputra, , Indonesia
Dr. Sri Wening, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pemanfaatan modul pembelajaran pada
pembuatan pola kemeja pria, (2) hasil belajar pembuatan pola kemeja pria yang memanfaatkan modul, (3)hubungan antara pemanfaatan modul pembelajaran dengan hasil belajar Pembuatan Pola Kemeja Pria.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI Busana Butik SMK N 3 Purworejo sebanyak 72 siswa. Sampel yang digunakan
sebanyak 67 siswa, kemudian sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur pemanfaatan modul & dokumentasi untuk
mengumpulkan data hasil belajar. Instrument yang digunakan berupa lembar angket. Analisis data
menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian yaitu : (1)pemanfaatan modul oleh siswa 99%
termasuk dalam kategori rendah, (2)hasil belajar Pembuatan Pola Kemeja Pria 61% berada di bawah nilai
KKM, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatan modul dengan hasil belajar dengan
perolehan r
hitung
(0,254) > r
(0,235)yang berarti terdapat hubungan antara pemanfaatan modul dengan hasil
belajar.
tabel
Kata kunci : hubungan, modul, hasil belajar pembuatan pola

 

Abstract
This study aims to: (1) describe the use of the learning module for men’s shirt pattern making by the
students, (2) describe the learning achievement of men’s shirt pattern making among the students who use
the module, and (3) find out whether there is a significant relationship between the use of the learning
module and the learning achievement of men’s shirt pattern making. This was a quantitative study using the
correlational approach. The research population comprised all students of Grade XI of Boutique Clothing of
SMK Negeri 3 Purworejo taking the Pattern Making subject with a total of 72 students. The sample,
consisting of 67 students was determined by the simple random sampling technique. The data were collected
by a questionnaire and documentation. The data were analyzed by the product moment correlation. The
results of the study show that: (1) regarding the use of the module by the students, 99% are low (2)regarding the learning achievement of men’s shirt pattern making, 61% do not attain the MMC, (3) there is
a significant positive relationship between the use of the module and the learning achievement with
robserved (0.254) > rtable (0.235), indicating there is a relationship between the use of the module and the
learning achievement
Keywords: Relationship, Module, Learning achievement of pattern making


Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. (2014). Pembelajaran Tematik

Terpadu. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

. (2009). Perencanaan

Pembelajaran : mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya

Azhar, Arsyad. (2006). Media Pembelajaran.

Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Djemari, Mardapi. (2012). Pengukuran

Penilaian dan Evaluasi Pendidikan.

Yogyakarta : Nuha Medika

St,Vembrianto. (1975). Pengantar pengajaran

Modul. Yogyakarta : Yayasan Pendidikan

Paramita

Sugihartono, dkk. (2012. Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Tian , Belawati. (2003). Pengembangan Bahan

Ajar. Jakarta : Universitas Terbuka

Ika, Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar

Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia

Permata

Pawit M, Yusuf. (1990). Komunikasi

Pendidikan dan Komunikasi Instruksional.

Bandung : PT remaja Rosdakarya

Rayandra, Asyhar (2012). Kreatif

Mengembangkan Media Pembelajaran.

Jakarta : Referensi Jakarta.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran

dengan Problem Based Learning Itu Perlu :

Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru.

Bogor : Ghalia Indonesia

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor – Faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka

Cipta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1