HUBUNGAN PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA KEMEJA PRIA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO
Dr. Sri Wening, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pemanfaatan modul pembelajaran pada
pembuatan pola kemeja pria, (2) hasil belajar pembuatan pola kemeja pria yang memanfaatkan modul, (3)hubungan antara pemanfaatan modul pembelajaran dengan hasil belajar Pembuatan Pola Kemeja Pria.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI Busana Butik SMK N 3 Purworejo sebanyak 72 siswa. Sampel yang digunakan
sebanyak 67 siswa, kemudian sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur pemanfaatan modul & dokumentasi untuk
mengumpulkan data hasil belajar. Instrument yang digunakan berupa lembar angket. Analisis data
menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian yaitu : (1)pemanfaatan modul oleh siswa 99%
termasuk dalam kategori rendah, (2)hasil belajar Pembuatan Pola Kemeja Pria 61% berada di bawah nilai
KKM, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatan modul dengan hasil belajar dengan
perolehan r
hitung
(0,254) > r
(0,235)yang berarti terdapat hubungan antara pemanfaatan modul dengan hasil
belajar.
tabel
Kata kunci : hubungan, modul, hasil belajar pembuatan pola
Abstract
This study aims to: (1) describe the use of the learning module for men’s shirt pattern making by the
students, (2) describe the learning achievement of men’s shirt pattern making among the students who use
the module, and (3) find out whether there is a significant relationship between the use of the learning
module and the learning achievement of men’s shirt pattern making. This was a quantitative study using the
correlational approach. The research population comprised all students of Grade XI of Boutique Clothing of
SMK Negeri 3 Purworejo taking the Pattern Making subject with a total of 72 students. The sample,
consisting of 67 students was determined by the simple random sampling technique. The data were collected
by a questionnaire and documentation. The data were analyzed by the product moment correlation. The
results of the study show that: (1) regarding the use of the module by the students, 99% are low (2)regarding the learning achievement of men’s shirt pattern making, 61% do not attain the MMC, (3) there is
a significant positive relationship between the use of the module and the learning achievement with
robserved (0.254) > rtable (0.235), indicating there is a relationship between the use of the module and the
learning achievement
Keywords: Relationship, Module, Learning achievement of pattern making
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Majid. (2014). Pembelajaran Tematik
Terpadu. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
. (2009). Perencanaan
Pembelajaran : mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya
Azhar, Arsyad. (2006). Media Pembelajaran.
Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Djemari, Mardapi. (2012). Pengukuran
Penilaian dan Evaluasi Pendidikan.
Yogyakarta : Nuha Medika
St,Vembrianto. (1975). Pengantar pengajaran
Modul. Yogyakarta : Yayasan Pendidikan
Paramita
Sugihartono, dkk. (2012. Psikologi
Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Tian , Belawati. (2003). Pengembangan Bahan
Ajar. Jakarta : Universitas Terbuka
Ika, Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia
Permata
Pawit M, Yusuf. (1990). Komunikasi
Pendidikan dan Komunikasi Instruksional.
Bandung : PT remaja Rosdakarya
Rayandra, Asyhar (2012). Kreatif
Mengembangkan Media Pembelajaran.
Jakarta : Referensi Jakarta.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran
dengan Problem Based Learning Itu Perlu :
Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru.
Bogor : Ghalia Indonesia
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor – Faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka
Cipta
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1