PENGGUNAAN BUNYI DAN DIKSI DALAM ALBUM UNTUK DUNIA CINTA DAN KOTORNYA KARYA NADIN AMIZAH: KAJIAN STILISTIKA

Donna Adeshinta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hartono Hartono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) aspek bunyi dan diksi yang terdapat dalam album Untuk Dunia Cinta dan Kotornya karya Nadin Amizah; (2) Mendeskripsikan makna dari aspek bunyi dan diksi yang terdapat dalam album Untuk Dunia Cinta dan Kotornya karya Nadin Amizah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah sebelas lagu dalam album Untuk Dunia Cinta dan Kotornya karya Nadin Amizah yang berjudul “Jangan Ditelan”, “Bunga Tidur”, “Rayuan Perempuan Gila”, “Ah”, “Semua Aku Dirayakan”, “Kekal”, “Di Akhir Perang”, “Tapi Diterima”, “Berpayung Tuhan”, “Tawa”, dan “Nadin Amizah”. Penelitian ini berfokus pada bunyi dan diksi dalam lirik lagu yang dikaji menggunakan teori stilistika. Data diperoleh dengan teknik membaca dan identifikasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian adalah validitas semantik dan ditujang dengan reliabilitas intrarater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) unsur bunyi dan diksi dalam album lagu Untuk Dunia Cinta dan Kotornya ditemukan unsur bunyi aliterasi (21), asonansi (37), daya evokasi (2), efoni (21), kakafoni (17), dan periodus (7).  Sedangkan ditemukan unsur diksi pemanfaatan kosakata abstrak (89), kosakata konkrit (27), kata vulgar (2), sinonim-antonim (7), ungkapan (22), citraan (14), objek realitas alam (5), kata sapaan (55). Dari hasil tersebut dapat diketahui unsur bunyi yang paling dominan adalah asonansi, sedangkan unsur diksi yang paling dominan adalah pemanfaatan kosakata abstrak. (2) Makna konotatif banyak ditemukan dalam sajak efoni (8) dan penggunaan ungkapan (20) di album Untuk Dunia Cinta dan Kotornya.

Kata kunci: bunyi, diksi, stilistika

Full Text:

PDF

References


Alfaridzi, M., Mustika, I., & Priyanto, A. (2023). Efon dan Kakafoni dalam Puisi" Hanya" Karya Sapardi Djoko Damono. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 46–52.

Chaer, G. (1994). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Darmawati Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Barat Jalan Sultan Alauddin Km, B., & Salapang Makassar, T. (2014). Efoni dan Kakafoni dalam Puisi-Puisi Wasiat Cinta (Euphony and Cacophony in the Poems “Wasiat Cinta”) (Vol. 20, Issue 1).

Eliastuti, M., Virginia Wigusti Ayu, N., Rahmah, Z., Apriyanti Putri, U., Muhammad Candra, H., & Putri Agnes Sibarani, F. (2023). Analisis Gaya Bahasa Dalam Lirik Album Lagu Nadin Amizah “Kalah Bertaruh”: Kajian Hermeneutika. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 345. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.660.

Fadhilah, A. (2023). Analisis Unsur Bunyi Irama, Kakafoni, dan Efoni pada Puisi Tuhan Datang Malam Ini Karya Joko Pinurbo. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i1.4.

Januarti, I. (2019). Stilistika Dalam Puisi “Kerikil Tajam Dan Yang Terampas Dan Yang Putus” Karya Chairil Anwar. Konfiks : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jk.v6i1.372.

Kemampuan, P., Indonesia, J. O., Ismail, T., Indonesia, J. O., & Kunci, K. (2018). Kajian Stilistika Terhadap Diksi Dalam Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufiq Ismail Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMK.

Keraf, G (1991). Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kutha Ratna, N. (2009). Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyatarta. Pustaka Pelajar.

Magfiroh, L. (n.d.). Kajian Stilistika Dalam Lirik Lagu Album Selamat Ulang Tahun Kajian Silistika Dalam Lirik Lagu Album Selamat Ulang Tahun Karya Nadin Amizah Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA.

Munir, S., Haryati, N., Dan Mulyono, S., Bahasa, J., Indonesia, S., Bahasa, F., & Seni, D. (2013). Diksi Dan Majas Dalam Kumpulan Puisi Nyanyian Dalam Kelam Karya Sutikno W.S: Kajian Stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi.

Nathaniel, A., & Sannie, A. W. (2020). Analisis semiotika makna kesendirian pada lirik lagu “Ruang Sendiri” karya Tulus. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(2), 107-117.

Nurgiyantoro, B. (2017). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. (2009). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sari, N. A., & Wahyuni, I. (2021). Stile Dominan Untuk Capaian Estetis : Kajian Stilistika Lirik Lagu Grup Musik Fourtwnty. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 7(2), 209. https://doi.org/10.30872/calls.v7i2.6191.

Ulfa, M. (2022). Keserasian Bunyi Akhir dan Makna di Dalam Surah Al-Infithar dengan Kajian Stilistika. An-Nahdlah, 9(1), 1–17.

Yusniar, R. L. T., Mujiyanto, Y., & Hastuti, S. (2019). Analisis Stilistika Pada Lirik Lagu Sheila on 7 Dalam Album Menentukan Arah Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Di Smp. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 158. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37701


Refbacks

  • There are currently no refbacks.