PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Arjulynda Nurma Hafiza, , Indonesia
Dr. Marwanti Marwanti, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar boga dasar siswa melalui
metode inkuiri pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua
siklus, kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan observasi dan tes. Peningkatan aktifitas belajar pada siswa dilihat dari
rata-rata keaktifan siswa pada siklus 1 62% meningkat pada siklus 2 menjadi 71%. Peningkatan
hasil belajar dilihat pada hasil evaluasi atau post test pada siklus 1 dan 2 mengalami
peningkatan baik pada rata- rata kelas maupun jumlah siswa yang memnuhi KKM. Rata-rata
kelas pada siklus 1 adalah 75,2. Pada siklus 2 meningkat menjadi 80,6. Begitu juga dengan
presentase siswa yang memnuhi KKM pada siklus 1 73,08% meningkat pada siklus 2 menjadi
88,5%. Hasil ini menunjukan indikator keberhasilan sudah tercapai.
Kata kunci : Hasil Belajar Boga Dasar, Metode Inkuiri

Abstract
This study aims to improve students' basic learning outcomes through inquiry methods
in students of class X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. This type of research is collaborative
Action Research Class (PTK). Action research is conducted in two cycles, are activities of
planning, implementation, observation, and reflection. Technique of collecting data by using
observation and test. Increased student learning activity seen from the average of student
activity in cycle 1 62% increase in cycle 2 to 71%. Improved learning outcomes seen in the
results of the evaluation or post test at cycles 1 and 2 have increased both on the average class
and the number of students who meet the KKM. The average class in cycle 1 is 75.2. In cycle 2
it increased to 80.6. So also with the percentage of students who meet the KKM in cycle 1
73.08% increase in cycle 2 to 88.5%. These results indicate the success indicators have been
achieved.
Keywords: Basic Learning Results, Inquiry Method

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid & Chaerul Rochman.

(2015).Pendekatan Ilmiah Dalam

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung : Remaja Rosdakarya

Khoirul Anam. (2015) . Pembelajaran

Berbasis Inkuiri. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar

Purwanto. (2014)Evaluasi Hasil

Belajar. Yogyakarta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).

Bandung: Alfa Beta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2008).

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain.

(2006). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Wina Sanjaya. (2011). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.8696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1