PERSEPSI dan PERILAKU REMAJA TERHADAP MAKANAN TRADISIONAL DAN MAKANAN MODERN
Dr. Badraningsih Lastariwati, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi dan perilaku remaja terhadap makanan
tradisional dan makanan modern. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metodedeskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil perbandingan remaja di KelurahanMantrijeron lebih memiliki persepsi baik terhadap makanan modern dibandingkan makanantradisional, karena persepsi remaja terhadap makanan tradisional mendapatkan hasil 86remaja masuk kedalamnya, sedangkan pada point persepsi terhadap makanan modernmendapatkan hasil 172 remaja masuk didalamnya. (2) Hasil perbandingan perilaku remaja diKelurahan Mantrijeron lebih memiliki perilaku remaja yang condong memilih makanan
modern, hal ini dikarenakan jumlah remaja yang lebih condong memilih makanan tradisional
mendapatkan hasil 110 remaja masuk kedalamnya, sedangkan pada point perilakuremajaterhadap makanan modern mendapatkan hasil 148 remaja masuk didalamnya.
Kata kunci :Persepsi Remaja, Perilaku Konsumen, Makanan Tradisional, Makanan Modern
The purpose of this research that is know the perception of teenagers to traditional food and
modern food. The research is research survey with descriptive of quantitative methods.The
result of this research is 1 ) The comparison on a teenager at the Mantrijeron more have the
good against of modern food than traditional foods , because the perception of teenagers to
food traditional get the result 86 teenagers burn , while in point perceptions of modern food
get the result 172 teenagers in it. 2 ) The results of comparison behavior on a teenager at
theMantrijeron had more behavior teens who tend to choose of modern food , it is due to the
amount of teenager 's more tend to choose food traditionally get the result 110 teenagers in
its entrance , while in point teenagers against behavior of modern food from getting to the
contributions of 148 teenager enter therein
Key word: Perception of teenagers,behavior of consumen, traditional foods, modern food.
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2011). Pengantar
Evaluasi Pendidikan. PT. Raja
Grafindo Persada. Jakarta.
Endang Mulyatiningsih,(2013).Metodologi
Penelitian Terapan Bidang
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Glanz, Karen, Barbara. K.R., Frances,
(2013). Health Behavior & Health
Education Theory,Research, &
Practise. San Fransisco: Jossey
Bass.
Graves, Philip. (2015). Consumer.ology:
Mitos Riset Pasar, Kebenaran
tentang Konsumen, dan Psikologi
Berbelanja. Terj. Dharma. Jakarta:
Elex Media Komputindo.
Kotler, Philip dan Keller, (2008). Prinsip-
Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi
,Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. (2005). Manajamen
Pemasaran,Jilid 1 dan 2. Jakarta:
PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kuroifah, Mita. (2014).“ Pengaruh Daya
Tarik Iklan Makanan Instant di
Televisi Terhadap Perilaku
Konsumsi Makanan Pada
persepsi dan perilaku remaja…. (Galuh Putri Hardikna Sempati)9
Mahasiswa Kos Program Studi
Pendidikan Teknik Boga FT UNY”.
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas
Teknik Universitas Negeri
Yogyakarta
Mufidah,Fatchul.2012. Cermati Penyakit-
Penyakit yang rentan Diderita
Anak Usia Sekolah. Yogyakarta
:FlashBooks.
Sugiyono, (2005). Metode Penelitian
Bisnis,CV Alfabeta, Bandung.
Sulistijani.D. A. (2002). Sehat dengan
Menu Berserat. Jakarta:Trubus
Agriwidya.
Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi
Umum. Ed. 3. Yogyakarta: Adi
Yamin, Regina. (2013).“ Persepsi Nilai,
Persepsi Kualitas, dan Citra
Terhadap Kepuasan Konsumen
Pada PT. Astra International
Daihatsu di Manado”. Jurnal
EMBA,Manado
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i4.8291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1