ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DI KELAS JASA BOGA DAN PATISERI

Defi Susanti, , Indonesia
Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester berdasarkan telaah kualitatif,
tingkat kesukaran butir soal ujian akhir semester, daya beda butir soal ujian akhir semester, distraktor pada butir
soal ujian akhir semester, dan reliabilitas butir soal ujian akhir semester di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Jasa
Boga dan Patiseri di SMK Negeri 6 Yogyakarta sebanyak 126 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan butir soal ujian sudah sesuai dengan telaah
materi, konstruksi soal, dan bahasa, serta memiliki tingkat kesukaran, daya beda, pengecoh, dan reliabilitas yang
baik.

Kata kunci: analisis butir soal, analisis kualitatif, analisis kuantitatif, sanitasi hygiene

Abstract
This research is aimed to identify the quality of test items of the final semester examination based on
qualitative study, item difficulty index, discrimination index, distractor and reliability of the final semester
examination test item in SMK Negeri 6 Yogyakarta. This is a qualitative description research is 126 student of the
tenth (10th) grade from Food Service and Pattiserie Department in SMK Negeri 6 Yogyakarta. The data analysis is
done by using qualitative and quantitative analysis. The result of the result shows that the test item is suitable to
subject matter study, item test construction and language, and has item difficulty index, item discrimination index,
distractor and well reliability.

Keywords: analysis of items, qualitative analysis, quantitative analysis, hygiene sanitation

 


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999.

Pengelolaan Pengujian Bagi Guru Mata

Pelajaran.

Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul

Jabar. 2014. Evaluasi Program

Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan

Operasionalnya. Jakarta : PT. Bumi

Aksara.

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi.

Yogyakarta : Insan Madani.

Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.

Surakarta : Fairuz Media.

Syaiful Sagala. 2013. Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung : CV. Alfabeta.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan

/Ali%20Muhson,%20S.Pd.,M.Pd./Analisis

%20Kuantitatif.pdf diambil pada tanggal 8

Agustus 2016, pukul 7.29 WIB.

http://gurupembaharu.com/home/download/pandu

an-analisis-butir-soal.pdf diambil pada

tanggal 8 Agustus 2016 pukul 7.34 WIB

Analisis Butir Soal (Defi Susanti)

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian

/prof-dr-bambang-subali-ms/analisis-soalkualitatif-kuantitatif-poltekes-surakarta18-19-ag-14-r.pdf

diambil pada tanggal 8

Agustus 2016 pukul 9.23 WIB

https://paismabogor.files.wordpress.com/2012/03

/anals_lkp.pdf diambil pada tanggal 19

Juni 2015 pukul 4.14 WIB

http://lib.unnes.ac.id/372/1/7416.pdf diambil pada

tanggal 19 Juni 2015 pukul 4.30 WIB

http://www.smkn6yk.sch.id/html/index.php

diambil pada tanggal 24 Juni 2016 pada

pukul 14.45 WIB




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i3.7308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1