PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI

Maria Ignasia Prilaherti, , Indonesia
Andian Ari Anggraeni, M.Sc, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe
Flash pada materi menyusun menu seimbang wanita hamil dan menyusui mata pelajaran Ilmu Gizi, dan 2)
mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash.Penelitian ini
menggunakan metode pengembangan model 4D. Pengembangan 4D meliputi: Define (analisis kompetensi
dasar, analisis materi dan karakteristik siswa), Design (flowchat,storyboard dan penyusunan produk),
Development (Validasi oleh ahli materi dan ahli media) dan Disseminate (uji coba produk/ penilaian
kelayakan media pada siswa). Hasil penelitian ini adalah: 1) media pembelajaran interaktif menyusun menu
seimbang dan menyusui dikembangkan dengan software Adobe Flash. Produk media pembelajaran ini
dikemas dalam keping CD dan dijadikan video untuk diupload ke Youtube dengan alamat
https://youtu.be/FTXN8bQ6qiE. 2) Kelayakan media pembelajaran interaktif menyusun menu seimbang
wanita hamil dan menyusui berdasarkan pada penilaian ahli materi menghasilkan rerata skor 3,5 dengan
kategori sangat layak. Penilaian ahli media menghasilkan rerata skor sebesar 3,8 dengan kategori sangat
layak, penilaian siswa menghasilkan rerata skor 3,5 yang termasuk sangat layak.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ilmu Gizi, Adobe Flash

The Development Of Adobe Flash Learning Media On The Nutrition Science Lesson

ABSTRACT
The objectives of this study are: 1) to develop interactive learning media using Adobe Flash on
composing balanced menu for pregnant and breastfeeding women topic at nutrition science lesson, and 2) to
determine the feasibility of the interactive learning media using Adobe Flash. The method of this study is 4D
development models. This model consists of Define (basic competence analysis, material analysis, and
characteristic of students), Design (flowchart, storyboard and preparation of product), Develop (validation
by the material and media experts) and Disseminate (product trial/ assessment of advisability of the media
for students). The results of this study are: 1) The interactive learning media on composing balance menu for
pregant and brestfeeding women topic at nutrition science lesson is developed using Adobe Flash. The media
product is written in Compact Disk and conveted to video and uploaded in YouTube with address https://
youtu.be/FTXN8bQ6qiE. 2) Feasibility of the media is as follow; according to material expert, the score is
3.5 classified as very appropriated; according to media expert, the score is 3.8 classified as very
appropriated; according to user, the score is 3.5 classified as very appropriated.

Keywords: learning media, the science of nutrition, Adobe Flash


Full Text:

PDF

References


Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen dan Nontes. Yogyakarta:

Mitra Cendikia Offset

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan

Bidang Pendidikan & Teknik.

Yogyakarta:Uny Press

Rina Setiani. (2015). Pengembangan Media

Pemelajaran Mengapresiasi Teks Cerita

Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 untuk

Kelas XI SMA. Skripsi. Yogyakarta:

Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas

Bahasa dan Seni, Universitas Negeri

Yogyakarta.

Sardiman. AM. (2012). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali

Pers.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif & RnD. Bandung:

Alfabeta

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional.

(Online).

http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2

pdf. Diakses pada tanggal 18

Februari 2016




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i2.7299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1