TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG DI GUDEG BU LIES WIJILAN YOGYAKARTA

Fitri Wedaries, , Indonesia
Dr. Marwanti Dr. Marwanti, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di
gudeg Bu Lies Wijilan. 2) kepuasan konsumen terhadap kualitas produk di gudeg Bu Lies Wijilan. 3)
minat beli ulang konsumen pada gudeg Bu Lies Wijilan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Desember 2015 sampai Juni 2016 di Gudeg Bu Lies Wijilan Yogyakarta. Populasi penelitian ini yaitu
semua konsumen di gudeg Bu Lies Wijilan yang dapat mencapai 100 orang/hari. Ukuran sampel
penelitian menggunakan rumus slovin dengan tigkat kesalahan 5% dihasilkan responden sebanyak 80
orang,  pengambilan sampel dilakukan dengan teknik insidental sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan angket. Analisis data dengan uji kesesuian dan uji kecenderungan.Hasil penelitian: 1)
Tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari kualitas pelayanan di gudeg Bu Lies Wijilan masuk pada
kategori puas. Rerata tingkat kesesuaian mendapatkan nilai 96,67 % dan masuk pada rentang 96,48% –
97,04% . 2) Tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari kualitas produk di gudeg Bu Lies Wijilan masuk
pada kategori tidak puas. Rerata Tingkat kesesuaian mendapatkan nilai 96,32% dan masuk pada rentang
96,02% - 96,60%. 3) minat beli ulang konsumen di gudeg Bu Lies mendapatkan hasil cukup baik.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Minat Beli Ulang
Abstract
Research aims know : 1 )  customer satisfaction on the quality of services in gudeg Bu Lies Wijilan .2 )
customer satisfaction on the quality of products at gudeg Bu Lies Wijilan .3 ) re interest in buying types
of buyers in gudeg Bu Lies Wijilan .Study was conducted in december 2015 until june 2016 in gudeg Bu
Lies Wijilan Yogyakarta .The population this research that all consumers gudeg Bu Lies Wijilan which
could reach 100 people/day .The sample size determined through the formula slovin with tigkat mistake 5
% produced respondents as much as 80 people , then the sample done to technique incidental sampling
.Data were collected by using the survey .Analysis of data done by test kesesuian and the trend .Research
results: 1 ) the customer satisfaction in terms of quality of services in gudeg Bu Lies Wijilan in the
satisfied .Mean the level of get a 96,67 % and went range of 96,48 % - 97,0 %.2) customer satisfaction
level in terms of the quality of products at gudeg Bu Lies Wijilan enters at category not satisfied .The
level of conformity mean gain value 96,32 % and enters at span 96,02 - 96,60 % % .3) interest of
consumers purchasing rematch in gudeg Bu Lies get results good enough .
Keywords: The quality of service , the quality of products and buy repeated interest

Full Text:

PDF

References


J.Supranto,M.A.,APU.(2011). “Pengukuran

Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk

Menaikkan Pangsa Pasar ( Cetakan

Keempat)”. Jakarta : PT. Rineka

Cipta

Kotler, Philip. (2007). “Manajemen

Pemasaran. Jilid 1dan 2

(Terjemahan: Hendra Teguh dan

Rony A Rusly)”. Jakarta: Prehalindo.

Tatik Suryani. (2008). “Perilaku Konsumen:

Implikasi Pada Strategi

Pemasaran”. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Sugiyono. (2008). “Metode Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif dan R & D”.

Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2010). “Metode

PenelitianPendidikan”.

Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2012). “Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”.

Bandung: CV. Alfabeta.

Sutisna .2001. “Perilaku Konsumen dan

Komunikasi Pemasaran”. Bandung:

Penerbit Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i8.5555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1