PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL MATERI NAPKIN FOLDING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 YOGYAKARTA
Wika Rinawati, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengembangkan Media Video Tutorial Materi
Napkin Folding yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas XI Jurusan Jasa Boga di
SMK N 6 Yogyakarta, 2) mengetahui kelayakan Media Video Tutorial Materi Napkin Folding, dan 3)
mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap penggunaan Media Video Tutorial kelas XI
materi Napkin Folding. Penelitian ini menggunakan model 4D dengan software camtasia. Penelitian
ini merupakan penelitian populasi dengan teknik pengambilan sample jenuh yaitu 32 siswa kelas XI
Jasa boga SMK N 6 Yogyakarta. Pengolahan data menggunakan analisis tingkat pemahaman video
pembelajaran oleh Tri Widodo (1995: 105-107). Hasil penelitian 1) pengembangan Media Video
Tutorial materi Napkin Folding melalui 4 tahap yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate.
2) berdasarkan penilaian ahli materi dan media menyatakan bahwa video tersebut layak digunakan.
Penilaian dari siswa, menyatakan bahwa Video Pembelajaran Napkin Folding tersebut layak
digunakan dengan presentase sebesar 68,82%, dan 3) tingkat pemahaman peserta didik terhadap mata
pelajaran Tata Hidang pada materi Napkin Folding sebesar 96,56%.
Kata kunci: Pengembangan, Video Tutorial, Napkin Folding
The purpose of this research is to 1) develop Media Video Tutorials Material Napkin Folding
that can be used as a source of studentlearning class XI Of Food Service in SMK N 6 Yogyakarta, 2)
know feasibility Media Video of its Tutorials Matter Napkin Folding, and 3) know their level of
understanding students on the use of Media Video Tutorial class Matter XI Napkin Folding. This
research use the model 4D with software camtasia. The research is research of its population over the
nymber of 32 grades XI Food Service SMK N 6 Yogyakarta. Analysis data using descriptive analysis.
Research result 1) development Media Video Tutorials matter Napkin Folding across four stages first
is Define, Design, Development, dan Disseminate. 2) based on the assessment the matter and media
stated that the video being used.The judgment of students, stated that Video learning Napkin Folding
were suitable used with the percentage of 68.82 %, and 3 ) their level of understanding school tuition
to subjects of hidang to the matter napkin folding of 96,56 %
Keyword: Development, Video Tutorial, Napkin Folding
Full Text:
PDFReferences
Anik Ghufron. (2007). Panduan
Penelitian dan Pengembangan
Bidang Pendidikan dan
Pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga
Penelitian UNY
Apri Nuryanto. (2010). Media
Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas
Teknik UNY
Arif S. Sudiman. (dkk). (2012). Media
Pendidikan Pengertian,
Pengembangan, dan
Pemanfaatan. Jakarta: PT.
Rajagrafindo Persada
Hujair A. H. Sanaky. (2011). Media
Grafis, Audio, Visual, dan Audio
Visual. Yogyakarta: Safiria Insania
Press
Prihastuti Ekawatiningsih, Kokom
Komariah, Sutriyati Purwanti. (2008).
Restoran Jilid 3. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah
Kejuruan. Direktorat Jendral
Menejemen Pendidikan Dasar dan
Menengah. Departemen Pendidikan
Nasional
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i8.5309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1