PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TATA HIDANG DENGAN MODEL STAD DI SMKN 1 BAGOR NGANJUK
Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe
STAD pada mata pelajaran Tata Hidang di SMKN 1 Bagor Nganjuk. (2) Mengetahui peningkatan
keaktifan siswa pada pembelajaran Tata Hidang di SMKN 1 Bagor Nganjuk dengan model
pembelajaran Kooperatif tipe STAD. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tata Hidang di SMKN 1 Bagor Nganjuk dengan model pembelajaran Kooperatif tipe
STAD.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian adalah semua siswa
kelas XI Program Keahlian Jasa Boga SMK N 1 Bagor Nganjuk sebanyak 63 siswa. Hasil penelitian
adalah : (1) Penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD terdiri dari beberapa siklus dan
masing-masing siklus mempunyai 4 komponen tindakan yang sama yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan
Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. (2) Persentase hasil keaktifan pada siklus I 62,67%. Pada siklus
II keaktifan belajar mengalami peningkatan sebesar 25,69% menjadi 83,36%. (3) Berdasarkan hasil tes
yang dilaksanakan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil tes pada Siklus I dan siklus II. Pada
Siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,9032 dengan ketuntasan belajar 48,39% dan pada siklus II
diperoleh rata-rata 85,9677 dengan ketuntasan belajar 87,09%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD.
The purposes of this study were to: (1) Determine the application of cooperative learning
method STAD on the subjects of food and beverage service in SMKN 1 Bagor Nganjuk. (2) Determine
the increasing in activity of students in the learning of food and beverage service in SMKN 1 Nganjuk
Bagor with the Cooperative learning model of STAD type. (3) Knowing the improvement of student
learning outcomes in learning food and beverage service at SMKN 1 Bagor Nganjuk by learning
model Cooperative STAD.
This research is a classroom action research. The study population was all students of class
XI Hospitality Skills program as SMKN 1 Bagor Nganjuk as many as 63 students. Results of the study
are: (1) The application of STAD Cooperative learning method consists of several cycles and each
cycle has four components of the same act, they are: Planning, Implementing Measures, Observation
and Reflection. (2) The percentage of the results of the activity of 62.67% in the first cycle. In the
second cycle learning activeness increased by 25.69% to 83.36%. (3) Based on the results of tests
conducted showed that the improvement in the test results on the first cycle and the second cycle. In
the first cycle the average values obtained with mastery learning 67.9032 48.39% and the second
cycle gained an average of 85.9677 to 87.09% mastery learning.
Keywords: Learning Results, Cooperative Learning, STAD.
Full Text:
PDFReferences
Endang Mulyatiningsih. (2012). Riset
Terapan: Bidang Pendidikan dan
Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. (2009).
Konsep Strategi Pembelajaran.
Bandung: PT. Refika Aditama.
Ria Amalia Skolikhah. (2014). Meningkatkan
Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran IPA Melalui penerapan
metode Kooperatif Tipe STAD Tahun
Pelajaran 2013/2014. Skripsi. tidak
diterbitkan: Yogyakarta. UNY.
Slavin. (2005). Cooperative Learning: Teori,
Riset dan Prakik. Bandung: Nusa
Media.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk
Penelitian. Bandung : Alfabeta
Yustika Ayunani. (2008). Peningkatan
Keaktifan Siswa Kelas IV Melalui
Implementasi Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD dalam
Pembelajaran IPA di SD Negeri
Sukomangli 01 Kecamatan Reban
Kabupaten Batang Tahun Pelajaran
/2013. Skripsi. tidak diterbitkan:
Yogyakarta. UNY.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i7.5298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1