KESIAPAN KERJA SETELAH PRAKTIK INDUSTRI SISWA KELAS XII JURUSAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 1 KALASAN
Sutriyati Purwanti, M.Si, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kesiapan kerja setelah praktik kerja industri siswa kelas XII jurusan Jasa Boga SMK N 1 Kalasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XII Jurusan Jasa Boga yang telah melaksanakan praktik kerja industri sebanyak 32 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup (kuesioner) dan dokumentasi.Uji validitas instrumen menggunakan rumus product momen.Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.Nilai reliabilitas 0,945.Teknik analisis data analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: kesiapan kerja setelah praktik industri siswa kelas XII SMK N 1 Kalasan ditinjau dari seluruh unsur yang mempengaruhi kesiapan kerja(penguasaan teori dan praktik, memiliki Kematangan kompetensi, fisik, mental, pengalaman, informasi dan kemampuan untuk bekerja, memiliki pertimbangan logis dan obyektif, mampu menyelesaikan tugas, mengetahui wawasan tentang dunia kerja, mampu mengoperasikan sesuai alat sesuai dengan SOP, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, mampu bersikap kritis, mampu menerima tanggung jawab) dalam kategori sedang, dengan presentase 56,25% dengan mean 128,7.
Kata kunci: kesiapan kerja, praktik industri
This research aims to know: The Student Job readiness after field industrial practice from class XII at SMK N 1 Kalasan. The method using in this researh is descriptive quantitative. The populations are the students class of XII culinary department at SMK N 1 Kalasan. The sampling technique using purposive sampling a number of 32 students.Data collection technique using a closed questionnaire.The instrument of validity using product moment formula. Reliability test were using Cronbach Alpha formula. The Reliability value 0.945. The data analyze is descriptive analysis. The results of survey revealed that: The Student Job readiness after field industrial practice from class XII at SMK N 1 Kalasan reviews from all indicators (have a mastery of theory and practice, have maturity in competency, physic, mental, experience, information and ability to work, have a logic and objective concideration, able to finish a job, have insight about working world, able to operate tools by SOP, able to adjust oneself with the environment, have a critical attitude, able to take responsibility in their job)in the moderate category with a percentage of 56,25% with mean 128,7.
Key word: Job readiness, field industrial practice
Full Text:
PDFReferences
BPS.(2013). Keadaan Angkatan Kerja Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Agustus 2012. Yogyakarta: BPS Provinsi DIY
Chalpin , J.P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan : Kartini Kartono). Jakarta. PT Radja Grafindo Persada
Dewa Ketut.(1993). Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Depdiknas.(2004). Kesiapan Kerja siswa SMK.Jakarta
Endang Mulyatiningsih. (2011). Metode penelitian bidang terapan bidang pendidikan
Kartini Kartono. (1991). Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta: Rajawali Pers.
Kuswara, Wowo Sunaryo. 2013. Dasar-Dasar Pendidikan Vocasi Dan Kejuruan. Bandung. CV Alfabeta
Moh Thayep Manribu. (1998). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir. Jakarta: Depdikbud.
Oemar Hamalik. 2001. Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
PP Nomor 19 tahun 2005 Bab V pasal 26 ayat 3. Tujuan Pendidikan Kejuruan. Sekretariat Jendral Depdikbud. Jakarta.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukardi.(2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto.(2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rhineka Cipta
US Department of Labor. 1990. Job of Competency.
Valid, Yanuar Mipalas dan Taman, Abdullah. (2012) Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Terhdap Kesiapan Kerja Siswa Prodi Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia
Wardiman Djoyonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta. Jaya Agung Offset
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i7.5289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1