PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUMBER ZAT ENERGI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Sarwinda Kalukiningrum, , Indonesia
Wika Rinawati, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur pengembangan modul sumber zat gizi
pada mata pelajaran ilmu gizi, (2) kelayakan modul sumber zat gizi yang digunakan sebagai media
pembelajaran mata pelajaran ilmu gizi, dan (3) peningkatan pemahaman siswa SMK Negeri 4
Surakarta pada materi sumber zat energi menggunakan modul. Jenis penelitian adalah research and
development dengan menggunakan model 4D terdiri atas define, design, develop, dan disseminate.
Subjek penelitian adalah 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli materi, dan 32 siswa boga 3
kelas X di SMK Negeri 4 Surakarta. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) pengembangan pembelajaran sumber zat
gizi pada mata pelajaran ilmu gizi diawali dengan tahap define meliputi observasi dan pengumpulan
referensi, selanjutnya melalui tahap design meliputi perancangan modul dan penyusunan modul,
dilanjutkan tahap development dengan melakukan validasi ahli materi dan ahli media, revisi modul,
hasil uji coba instrumen kelayakan modul, hasil peningkatan pemahaman, dan yang terakhir tahap
desimination yaitu uji coba instrumen dan pengambilan data; (2) kelayakan modul dari ahli materi dan
ahli media adalah baik; dan (3) terjadi peningkatan pemahaman siswa ditunjukkan dari nilai rata-rata
posttest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (27,313>23,625), dan ketuntasan siswa pada
posttest lebih besar dari pada ketuntasan siswa pada pretest (100%>59,75%).
Kata kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Sumber Zat Energi
Abstract
The study aims to determine: (1) the development procedure module is a source of nutrients on
the subjects of nutrition science, (2) the feasibility of modules source of nutrients that are used as a
medium of learning subjects of nutrition and (3) increase students' understanding of SMK Negeri 4
Surakarta source materials and energy substances using modules. This type of research is research
and development by using the 4D model consists of defining; design; development; deployment.
Subjects were one media expert lecturers, 1 lecturer matter experts, and 32 students boga 3 class X
SMK Negeri 4 Surakarta. The research instrument was a questionnaire. Data were analyzed using
descriptive analysis. Results of the study are: (1) the development of learning source of nutrients on
the subjects of nutrition science learning development a source of nutrients on the subjects of
nutrition science begins with the define phase include observation and collection of reference, then
through the design phase includes the design module and preparation module, followed stage
development by validating matter experts and media experts, the revision of the module, the results of
the feasibility test instrument module, the result of improved understanding, and the last stage is the
trial desimination instruments and data retrieval; (2) the feasibility of the modules of subject matter
experts and media experts is good; and (3) an increase in students' understanding shown from the
average value posttest greater than the average value of pretest (27.313> 23.625), and the
completeness of the students on the posttest greater than the mastery of students on the pretest
(100%> 59.75 %).
Keywords: Development, Learning Module, Source of Energy Substances


Full Text:

PDF

References


Anisa Utami. 2015. Pengembangan Modul

Pembelajaran Sanitasi, Hygiene Dan

Keselamatan Kerja di Sekolah

Menengah Kejuruan Negeri 3

Wonosari. Jurnal. FT UNY.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul.

Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2007. Pengembangan Bahan

Ajar. Jakarta: Pusat Kurikulum,

Badan Penelitian Dan Pengembangan

Depdiknas.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai.

Media Pengajaran (Penggunaan

dan Pembuatannya). Bandung: Sinar

Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i6.5282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1