PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF COOKING VIRTUAL APPETIZER UNTUK SISWA JASA BOGA KELAS XI SMK
Andian Ari Anggraeni, M.Sc, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) Membuat media video interaktif pembelajaran cooking virtual pada materi appetizer (2) Mengetahui kelayakan video interaktif pembelajaran cooking virtual pada materi appetizer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dalam penyusunan media pembelajaran yang menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research
& Development) difokuskan melalui pendekatan inovatif instructional system development (ISD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media video interaktif pembelajaran cooking virtual pada materi appetizer dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 ini dilakukan
dengan mengikuti prosedur dari jenis penelitian research and development model melalui pendekatan inovatif instructional system development (ISD). (2) Hasil pengujian kelayakan untuk media video interaktif pembelajaran cooking virtual pada materi appetizer meliputi hasil validasi ahli materi dengan rerata sebesar 3,96 pada kategori sangat layak, hasil validasi ahli media pembelajaran dengan rerata sebesar 3,84 pada kategori sangat layak, sedangkan penilaian kelayakan uji coba terbatas pada siswa kelas XI SMK Ma’arif 2 Sleman dengan rerata sebesar 3,12 pada kategori layak.
Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Cooking virtual, Appetizer
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan
Mengajar. Bandung: CV Yrama
Widya.
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara.
Pengembangan Media Pembelajaran, .... (Afia Fauziah)
Hamzah, B. 2009. Model Pembelajaran.
Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Kreatif dan Efektif.
Jakarta: Bumi Aksara.
Padmo, Dewi. 2004. Teknologi
Pembelajaran: Peningkatan
kualitas Belajar melalui Teknologi
Pembelajaran. Jakarta: Pusar
Teknologi Komunikasi dan
Informasi Pendidikan.
Rohmadi, Muhammad. 2013. Menjadi Guru
Kreatif, Inovatif dan Inovatif :
Menyongsong Kutikulum 2013
Tematik-Integratif. Seminar.
Universitas Sebelas Maret
Surakarta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan Research and
Development. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian
Pendidikan Kompetensi dan
Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar
Mengajar di Sekolah. Jakarta:
Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3181
Refbacks
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1