HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI TERHADAP GAYA HIDUP SEHAT SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SMKN 4 YOGYAKARTA

Fitri Kurniasih, , Indonesia
Dr. Mutiara Nugraheni, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)pengetahuan gizi siswa kelas X, (2)gaya hidup sehat siswa kelas X, (3)hubungan pengetahuan gizi terhadap gaya hidup sehat siswa kelas X Program Keahlian Tata Boga. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian dilakukan pada April 2015-Juni
2016. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 95 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Uji hipotesis menggunakan kolerasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1)pengetahuan gizi siswa kelas X pada kategori sangat baik sebesar 26,3%, baik sebesar 42,1%, kurang baik sebesar 12,6% dan sangat kurang sebesar 18,9%, (2)gaya hidup sehat siswa kelas X
pada kategori sangat baik sebesar 20,0%, baik sebesar 28,4%, kurang baik sebesar 34,4% dan sangat kurang sebesar 16,8%, (3) terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dan gaya hidup sehat siswa kelas X Program
Keahlian Tata Boga dengan nilai kolerasi 0,542: nilai signifikansi sebesar 0,000; dengan nilai r sebesar
29%. 

Kata kunci : pengetahuan gizi, gaya hidup sehat
2


Full Text:

PDF

References


Anne Ahira. (2010). Pengertian Pola Hidup

sehat. AnneAhira.con Content Team.

Diunduh pada tanggal 5 Januari 2015.

Bergin, David A. 2000. Educational

Psychology: Influence Classroom

Interest. University of Toledo: Lawrence

Elrbhaum Associate.Inc.

Depkes R.I. 2002. Gaya Hidup Sehat. Jakarta

Depkes R.I. 2003. Pedoman Umum Gizi

Seimbang. Jakarta.

Endang Mulyatiningsih. (2010). Metode

Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung: CV. Alfabeta.

Kementrian Kesehatan RI. (2011). Pedoman

pencegahan dan pengendalian infeksi di

rumah sakit dan fasilitas kesehatan

lainnya. Jakarta.

Mohammad ali dan Mohammad Asrori. (2005).

Psikologi remaja: perkembangan peserta

didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Rahma Sugihartati. (2010). Membaca, Gaya

Hidup Dan Kapitalisme Kajian Tentang

Reading For Pleasure Dari Prespektif

Cultural Studies. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Sukari, (2013). Perilaku Konsumtif Siswa SMA

Di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai

Budaya (BNPB).




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3172

Refbacks



Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1