PENGARUH FAKTOR PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKPIA DI KOTA YOGYAKARTA
Dewi Eka Murniati, M.M, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh faktor produk, harga, promosi, danbdistribusi terhadap keputusan pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta, (2)Megetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta. Jenis sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan tempat penelitian di bandara Adisucipto dan Stasiun Lempuyangan. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen bakpia yang ada di kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Skala Likert. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan Uji reliabilitas menggunakan Reabilitas Alpha. Metode analisis data
menggunakan regresi berganda dengan alat analisis uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Faktor produk, harga, promosi, dan distribusi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 40,36. (2) Faktor promosi memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan
pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta. Hal ini didasarkan dari hasil uji t yaitu 9,461 > 2,47.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Bakpia, Yogyakarta hitung hitung > t tabel
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Khumaidi. (2013). Analisis
Pengaruh Produk, Harga, distribusi,
dan Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian Teh Celup Sariwangi.
Abstrak hasil Penelitian UIN Syarif
Hidayatullah. Jakarta: Lembaga
Penelitian UIN.
Bayu Triyono. (2013). Analisis pengaruh
Produk, Harga, Promosi, dan Tempat
Terhadap Keputusan Pembelian Toko
Sayegan Sport Sleman Yogyakarta.
Abstrak hasill Penelitian UNY.
Yogyakarta: Lembaga Penelitian
UNY.
Dinas Pariwisata DIY. (2015). Tingkat
Kunjungan Wisatawan Provinsi DIY.
Diakses tanggal 2 Januari 2016 dari
www.dinaspariwisatadiy
Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan
Koperasi DIY. (2016). Potensi
Industri Bakpia Di Daerah
Yogyakarta. Diakses tanggal 13 Juli
dari disperindag.jogjaprov.go.id
Muhammad Harisudin. (2005). Ragan
Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Philip Kotler. (2007). Manajemen
Pemasaran, Analisis, Perencanaan,
Implementasi, dan Pengendalian.
Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Stastika Untuk
Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Soeratno, dan Lincolin Arsyad. (2000).
Metodologi Manajement. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.
Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1