MANAJEMEN PENYELENGGARAAN MAKANAN PASIEN DI RSPAU DR. S HARDJOLUKITO YOGYAKARTA

Patria Ike Trisnawati, , Indonesia
Ichda Chayati, M.P, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas hygiene sanitasi penyelenggaraan makanan pasien di
RSPAU Dr. S. Hardjolukito Yogyakarta,(2) mengetahui kesesuaian penyelenggaraan makanan pasien di RSPAU
Dr. S.Hardjolukito Yogyakarta, dan (3) mengetahui kualitas manajemen penyelenggaraan makanan pasien di
RSPAU Dr. S. Hardjolukito Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini
dilakukan di RSPAU Dr. S. Hardjolukito Yogyakarta dengan subjek penyelenggaran makanan pasien. Waktu
penelitian pada bulan November 2017 sampai dengan bulan Agustus 2018. Objek penelitian ini yaitu hygiene
sanitasi, kesesuaian, dan manajemen. Data dikumpulkan dengan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data dengan statistik deskriptif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas
hygiene sanitasi program penyelenggaraan makanan pasien diperoleh skor sebesar 99,51% yang termasuk dalam
kategori “Baik”. (2) tingkat kesesuaian program penyelenggaraan makanan pasien diperoleh skor sebesar 92,59%
termasuk dalam kategori “Baik”. (3) Kualitas manajemen program penyelenggaraan makanan pasien memperoleh
skor 96,23% termasuk dalam kategori “Baik”.
Kata kunci: Hygiene Sanitasi, Kesesuaian, Manajemen, dan Makanan Pasien

 

This research aimed to determine : (1) hygiene sanitation quality of  patient’s food program, (2)
appropriateness of patient’s food program, and (3) management quality of patient’s food program. This was a
descriptive research. This research was performed at RSPAU dr. S. Hardjolukito Yogyakarta. Research subject
was patient’s food. The research was carried out from November 2017 until August 2018. Research object were
hygiene sanitation, appropriateness, and management. Data was collected by  observation sheet, interview, and
documentation. Data was analyzed by descriptive statistic in form of percentage. Research results showed that (1)
hygiene sanitation quality of  patient’s food program got a score of 99.51% which was categorized as “good”. (2)
appropriateness of patient’s food program had a score of  92.59% which was categorized as “good”. (3)
management quality of patient’s food program got a score of 96.23% which was categorized as “good”.
Keywords: Hygiene Sanitasi, Appropriateness, Management, and Patient’s Food


Full Text:

PDF

References


Alan Agresti. (2002). Categorical Data Analysis.

Canada : John Wiley & Sons, Inc

Anas Sudijono. (2011). Evaluasi Pendidikan.

Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ian Dey. (1993). Qualitative data analysis.

Canada : Routledge

Kemenristekdikti. (2018). Peraturan Menteri

Kesehatan Republik Indonesia Nomor

/Menkes/Per/Vi/2011 Tentang

Higiene Sanitasi Jasaboga.

Maya Riqi. (2009). Evaluasi Manajemen

Penyelenggaraan Makanan Institusi di

Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R.

Soeharso Surakarta. Surakarta :

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nana Sudjana & Ibrahim. (2012). Penelitian dan

Penilaian Pendidikan. Bandung : CV.

Sinar Baru.

Stephen P. Robbins & Mary Coulter. (2012).

Management. New Jersey : Pearson

Education, Inc.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian:

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i5.13396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1