PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN MATERI PENGOLAHAN SEREALIA DAN UMBI DI SMP NEGERI 4 KALASAN

Dwi Adis Lestari, , Indonesia
Dr. Nani Ratnaningsih, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk :1) Membuat buku saku mata pelajaran Prakarya aspek Pengolahan
Bahan Pangan serealia dan umbi 2) Menilai kelayakan buku saku sebagai media pembelajaran pada mata
pelajaran Prakarya Aspek Pengolahan Bahan Pangan Serealia dan Umbi. Penelitian ini merupakan
penelitian research & development. Aspek yang diteliti meliputi aspek materi, media, dan keseluruhan.
Pengujian kelayakan buku saku dilakukan pada 31 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kalasan. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan :1) Buku saku mata pelajaran Prakarya
dengan spesifikasi buku saku meliputi ukuran hagaki 100 x 148 mm (15 x 10 cm) berisi 23 halaman, 4
halaman awal, 18 halaman isi, 1 halaman biografi, dan 1 halaman daftar pustaka. 2)Tingkat kelayakan
buku saku mata pelajaran Prakarya berdasarkan ahli media dan materi secara keseluruhan, dikategorikan
sangat layak sebesar sebesar 83,87% dan kategori layak sebesar 16,12% sehinggadapat digunakan sebagai
media pembelajaran bagi siswa VIII di SMP Negeri 4 Kalasan.

Kata Kunci: Buku saku  pembelajaran, mata pelajaran Prakarya, pengolahan bahan pangan serealia dan
umbi

 

The purposes of this study was: 1) To make the learning pocket book in the subject matter of food
cereals and tuber processing, and (2) To assess know the feasibility of the learning pocket book as the
learning media in the subject matter of food cereals and tubers processing. This a research &
development research. Aspects was observed including material, media, and overall. The research was
test of the learning pocket book was done 31 students of Grade VIII at 4 Junior High School Kalasan.
Data  analysiswas done using descriptive analysis. The results showed that: 1 ) pocketbooks subjects the
art projects to the specifications pocketbooks covering size hagaki 100 x 148 mm ( 15 x 10 cm ) contains
23 page, 4 the homepage, 18 page the contents of, 1 page a biography, and 1 page list library. 2) the
appropriateness pocketbooks subjects the art projects based on media experts and matter overall , are
very reasonable of of 83,87 % and categories worthy of 16,12 % so they could be used as a media
learning for students VIII at 4 Junior High School Kalasan.

Keywords: The keyword : Learning Pocket book, The Subjects of the Workshop, Food Cereals and tuber
processing aspect.




Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo (2016). Pengembangan Media

Buku Saku Sebagai Sumber Belajar

Siswa Kelas X Jurusan Jasa Boga Pada

Mata Pelajaran Ilmu Gizi Materi Pokok

Zat Gizi Sumber Tenaga Di Sekolah

Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo.

Skripsi Progam Studi Pendidikan

Teknik Boga Universitas Negeri

Yogyakarta.

Arief S. Sadiman, dkk. (2003). Media

Pendidikan Pengertian, Pengembangan,

dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT.

RajaGrafindo Persada.

Imam Mustholiq, Sukir Sukir, Ariade Chandra N

(2007). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Multimedia Mata Kuliah Dasar Listrik.

Jurnal. Pendidikan Teknik Elektro

Fakultas Teknik Negeri Yogyakarya.

Vol 16 No 1

Imas Kurniasih, Berlin Sani. (2014). Panduan

Membuat Bahan Ajar (Buku Teks

Pelajaran) Sesuai Dengan Kurikulum

Surabaya : Kata Pena.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian.

Jakarta: PT. Bumi Aksa.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i5.13353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1