PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK KELAS X KOMPETENSI MEMBUAT GARNISH SAYURAN DI SMK N 6 YOGYAKARTA`

Ratna Yunianti, , Indonesia
Titin Hera Widi Handayani, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan video membuat garnish sayuran untuk
pembelajaran di SMK N 6 Yogyakarta (2) mengetahui kelayakan video membuat garnish sayuran untuk
pembelajaran di SMK N 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini pengembangan R&D dengan model 4D.
Waktu penelitian bulan Mei 2017 - April 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga
sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan; observasi, wawancara, dan angket. Teknik
analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Video pembelajaran
membuat garnish sayuran berdurasi 15:51 menit, penyajian dalam video menggunakan format gabungan
materi dan tokoh serta dubbing suara, yang ditampilkan dalam video berupa pengertian garnish, alat,
bahan,dan cara membuat garnish sayuran. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi sangat layak
dengan persentase 87,50%, penilaian ahli media sangat layak dengan persentase 84,38%, penilaian siswa
layak dengan persentase 79,30% digunakan sebagai media pembelajaran.  
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Garnish Sayuran

 

This study aims to: (1) produce a competency learning video to make vegetable garnish in SMK N
6 Yogyakarta (2) to know the feasibility of competency learning videos to make vegetable garnish in SMK
N 6 Yogyakarta. This type of research is the development of R & D with 4D model. The time of study is
May 2017 - April 2018. The subjects of the research are the students of X Culinary Class of 30 students.
Data collection techniques used; observation, interview, and questionnaire. Data analysis techniques
used descriptive analysis. The result of this research are: (1) video development made garnish vegetable
subjects Boga Dasar in SMK N 6 Yogyakarta through 4 stages of define phase is phase analysis of
instructional media needs, design stage that is contents design and learning video display, , disseminate
stage is the process of dissemination by using the media in learning (2) the results of the feasibility
assessment by the material expert is very decent with the percentage of 87.50%, the assessment of media
experts is very reasonable with the percentage of 84.38%, the assessment of students with a decent
percentage of 79.30% used as a learning medium
Keywords: Learning Media, Video, Garnish of Vegetables


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2016). Media Pembelajaran.

Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan

Media Video. Jakarta: P3AI. UPI.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran

(Peranannya Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran).

Yogyakarta: Gava Media.

Miftahul Huda. (2014). Model-Model Pengajaran

dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan

Paradigmatis). Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Rusman, Deni Kurniawan & Cepi Riyana. (2012).

Pembelajaran berbasis Teknologi

Informasi dan Komunikasi

Mengembangkan Profesionalitas Guru.

Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugihartono,dkk (2013). Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wina sanjaya. (2015). Perencanaan & Desain

Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Wiwi Rusmini. (2013). Boga Dasar 2 Persiapan

Dasar Masakan Indonesia (Bahan Ajar

Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan

Program Keahlian Tata Boga).

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i2.11576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1