PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMATAN KERJA SMKN 1 SEWON
Dr. Ir. Sugiyono, M.Kes Sugiyono, , Indonesia
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan
kerja, bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran
sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, (2) mengetahui kelayakan pengembangan produk media pembelajaran
dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja di SMKN 1 Sewon. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dilaksanakan pada 23 November 2016 sampai dengan
2 Mei 2017 di SMKN 1 Sewon. Subjek penelitian ini adalah dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru mata
pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, dan 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, studi literature, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan teknik analisis
statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) proses pengembangan produk media pembelajaran
dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja ini melalui tiga tahap yaitu : tahap
define (pendefinisian), tahap design (model), tahap develop (pengembangan). (2) kelayakan pengembangan produk
media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, dinyatakan layak oleh 81 siswa berdasarkan
kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknik siswa 88,89% sangat layak dan 11,11% layak.
Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, animasi, produk media pembelajaran dalam bentuk animasi,
sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja.
Animated learning media development research on subjects of sanitation, hygiene, and safety, aims to: (1)
develop a learning media products in the form of animated on the subjects of sanitation, hygiene, and safety
, (2) find out the feasibility of the development of learning media products in the form of animated on the
subjects of sanitation, hygiene, and safety in SMKN 1 Sewon. This research is research development
(R&D). This research was carried out on November 23, 2016 until 2017 on May 2 in SMKN 1 Sewon. The
subject of this research is the material expert lecturers, professors and media expert teachers of subjects
of sanitation, hygiene, and safety, and 81 students. Data collection techniques using observation,
interviews, literature studies, question form and documentation. Technical analysis is done using
descriptive statistical analysis techniques. The research results obtained are: (1) instructional media
product development process in the form of animated on the subjects of sanitation, hygiene, and safety
through three phases namely: phase define (definition), stage design (model), develop phase (development).
(2) the feasibility of the development of learning media products in the form of animated subjects, otherwise
decent sanitation by 81 students based on the quality of the content and objectives, instructional quality,
and quality engineering students 88.89% 11.11% viable and very decent.
Key words: development, learning, media, animation, learning media products in the form of animation,
sanitation, hygiene, and safety.
Full Text:
PDFReferences
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan
Instrumen Tes dan Non Tes. Jogyakarta :
Mitra Cendikia Press.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media.
Ke, F., Lin, H., Ching, Y., Dwyer, F.(2006).
“Effects of Animation on Multi-Level
Learning Outcomes for Learners with
Different Characteristics: A MetaAnalytic
Assessment and Interpretation”. Journal of
Visual Literacy, Spring 2006 volume 26,
number 1, pp.15-40
Pengembangan Media Pembelajaran… (Sayyidah Fatimah) 10
pembelajaran yang diberikan guru dalam
proses pembelajaran.
b. Siswa disarankan dapat menggunakan media
pembelajaran yang telah diberikan oleh guru
sehingga dapat belajar secara mandiri.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, S. D & Semmel, l. M.
(1974) Instructional development for training
teachers of exceptional children.
Minneapolis Minnesot
Tri Cipto Tunggul Wardoyo (2015).
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Video Animasi pada Mata Pelajaran
Mekanika Teknik di SMK Negeri 1
Purworejo. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta:
Lembaga Penelitian Universitas Negeri
Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i1.11541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1