PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP GATOT TIWUL YU TUM DI GUNUNGKIDUL

Aprilia Putri Prastanti, , Indonesia
Dr. Kokom Komariah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) karakteristik konsumen produk Gatot dan Tiwul (2)
preferensi konsumen terhadap produk Gatot dan Tiwul Yu Tum (3) alasan-alasan yang mendorong konsumen
untuk membeli produk Gatot Tiwul Yu Tum. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif  dengan metode
survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental. Alat
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: (1) Karakteristik konsumen mayoritas
berjenis kelamin perempuan, pekerjaan pegawai swasta, pendapatan 1-3 juta, dan berusia 20-40 tahun; (2)
preferensi konsumen ditinjau dari karakteristik  sensorik dengan nilai mean 50 dalam kategori suka, pemasaran
dengan nilai mean 43,00 dalam kategori suka dan sanitasi dengan nilai mean 5,0 dalam kategori sangat suka; (3)
alasan konsumen membeli gatot tiwul Yu Tum karena mempunyai cita rasa khas, harga terjangkau, produk
berkualitas baik. Harapan konsumen agar bentuk dan tekstur  produk gatot tiwul diperbaiki.
 
Kata kunci: preferensi, gatot tiwul, gunungkidul

 

This reseach is aimed to know: (1) the consumer characterization’s in the product og Gatot and Tiwul (2) to
know some reasons which encourage the consumer for buy the product of Yutum’s Gatot Tiwul (3) for buy the
product of Yutum’s Gatot Tiwul. A kind of this research used quantitative description, with for survey
methodology.the techniq sampling, of the research used   sampling insidential technique. A quetiones as a tool for
data sampling. The result of the research are: (1) The consumer’s characterization of Yutum’s Gatot Tiwul have
majority as a female, private Employe, which have a income 1-3 million rupiah and for about 20-40 years old. (2)
The consumer’s preferences through Yutum’s Gatot Tiwul reviewed by consoric characterization which have mean
valued 5,0 chategorized like, yhe marketing with mean 43,00 valued included like and the sanitation with meand
5,0 valued categorized as very like these  food. (3) the consumer stated that Yutum’s Gatot Tiwul have special
tasted, affordable prices, qualitated product and the consumers hope have a willingness for improve the tekstur.

Keywords : preferens, gatot tiwul, gunungkidul


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta

Kotler P. (2011). Dasar – Dasar Pemasaran

Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Indeks.

Munandar. (2012). Preferensi Perilaku

Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Rubinowo.(2012). Perilaku Dasar dan Tujuan

Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharjo.(2010). Preferensi Makanan dan

Pengaruh Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Riduwan (2007). Cara Menggunakan dan

Memakai Analisis Jalur. Bandung:

Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i1.11539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1