PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WARUNG SPESIAL SAMBAL PLENGKUNG GADING
Sutriyati Purwanti, M.Si, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas produk, (2) kualitas pelayanan, (3) pengaruh
kualitas produk terhadap keputusan pembelian di warung SS Plengkung Gading, (4) pengaruh kualitas pelayanan
terhadap keputusan pembelian di warung SS Plengkung Gading, (5) pengaruh kualitas produk dan pelayanan secara
bersamaan terhadap keputusan pembelian di warung SS Plengkung Gading. Jenis penelitian survey. Populasi
penelitian adalah semua pembeli di warung SS bulan Mei 2017 berjumlah 10200. Pengambilan sampel dengan
metode insidental sampling sebanyak 100 responden berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian (1) Terdapat pengaruh positif
kualitas produk terhadap keputusan pembelian di warung SS Plengkung Gading dibuktikan dari nilai t
sebesar
3,125 nilai signifikan 0,002 < 0,05, koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,253. (2) Terdapat pengaruh positif
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di warung SS Plengkung Gading dibuktikan dari nilai t
sebesar 3,060 nilai signifikan 0,003<0,05, koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,282. (3) Terdapat pengaruh
positif kualitas produk & pelayanan secara bersamaan terhadap keputusan pembelian di warung SS Plengkung
Gading dibuktikan dengan nilai F
sebesar 30,903 dengan signifikan sebesar 0,000<0,05.
Kata Kunci: kualitas produk, pelayanan, keputusan
hitung
hitung
hitung
Abstract
This study aims to determine : (1) product quality, (2) service quality, (3) the influence of product quality
towards purchase decision at Warung SS Plengkung Gading, (4) the influence of service quality toward purchase
decision at Warung SS Plengkung Gading, (5) the influence of product and service quality stimultaneously toward
purchase decision at Warung SS Plengkung Gading. The type of research was survey. The population in this study
were all customers at warung SS Plengkung Gading on May, 2017 with amount of population were 10200 people.
The sampling technique used insidental sampling method with amount of sample were 100 people based on formula
by Slovin. The technique of collecting data was quetionnaire. The technique of data analysis used multiple
regression analysis. The results show that: (1) there is a positive influence of product quality towards purchase
decision at Warung SS Plengkung Gading. This is showed by t value of 3,125 with significant value of 0,002<0,05,
the regression coefficient has positive value of 0,253 (2) there is a positive influence of product quality towards
purchase decision at Warung SS Plengkung Gading. This is showed by t value of 3,060 with sifnificant value of
0,003<0,05, and the regression coefficient has positive value of 0,282 (3) there is a positive influence of quality
product and service stimultaneously toward purchase decision at Warung SS Plengkung Gading. This is showed by
F value of 30,903 with significant value of 0,000<0,05.
Keywords: Product quality, service, decision
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2015). Sejarah Singkat Provinsi Daerah
Istimewa Yogyakarta. Diakses dari
http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas pada
Agustus 2017 pukul 14.18 wib
Daryanto dan Ismato, Setyobudi. (2014).
Konsumen dan Pelayanan Prima.
Yogyakarta: penerbit Gava Media.
Dyah Nirmala A.J.,(2012). Statistik Deskriptif &
Regresi Linier Berganda dengan SPSS.
Semarang: Semarang University Press
Tjiptono, F. (1996). Manajemen Jasa. Yogyakarta:
Penerbit Andi
---------------- (2004). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu
Media
Fiani M. dan Japarianto, E. 2012. Analisa Pengaruh
Food Quality dan Brand Image terhadap
Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti
Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen
Pemasaran, 1(1).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate
Dengan Program SPSS 19.0. Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Jogiyanto.(2004). Metode Penelitian Bisnis.
Yogyakarta. BPFE
Kotler, P & Amstrong. (2001). Manajemen
Pemasaran. Edisi II. Jakarta: PT. Indeks
------------------------------- (2009). Manajemen
Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: penerbit
Erlangga
Satlita, L. (2003). Pelayanan Prima Untuk
Membangun Loyalitas Pelanggan. Jurnal.
No.2, volume III. Yogyakarta: UNY.
Diakses dari http://www.journal.uny.ac.id/
pada 7 Juni 2017
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i8.10228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1