PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH MAKAN MORO SAKECO GRABAG MAGELANG

Astyasari Esti Mahanani, , Indonesia
Dr. Mutiara Nugraheni, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi konsumen terhadap kualitas produk di
Rumah Makan Moro Sakeco Grabag Magelang, dan (2) Persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan
di Rumah Makan Moro Sakeco Grabag Magelang. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
penelitian adalah konsumen yang berkunjung di rumah makan Moro Sakeco Grabag sebanyak 446
pengunjung. Sampel penelitian adalah konsumen di rumah makan Moro Sakeco Grabag pada periode
bulan April 2017 sebanyak 100 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan
dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,972. Teknik analisis
data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1)Persepsi konsumen terhadap kualitas produk di Rumah Makan Moro Sakeco Grabag Magelang berada
pada kategori sangat baik (62%); dan (2) persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan di Rumah
Makan Moro Sakeco Grabag Magelang berada pada kategori sangat baik (70%).
Kata Kunci: persepsi konsumen, kualitas produk, dan kualitas pelayanan

 

ABSTRACT
This study aims to determine: (1) consumer perceptions of product quality at Moro Sakeco
Restaurant Grabag Magelang, and (2) Consumer perceptions of service quality at Moro Sakeco Grabag
Restaurant Magelang. Types of research quantitative descriptive. The populations of the study were
consumers who visited Moro Sakeco restaurant as many as 446 visitors. The samples of the research
were consumer at restaurant Moro Sakeco in April 2017 period as many as 100 consumers. Data
collection techniques used questionnaires and documentation. Validity test was using product moment
correlation formula, while reliability test was using Alpha Cronbach formula with reliability coefficient
value of 0.972. Data analysis technique used quantitative descriptive analysis with percentage. The
results show that (1) consumer perception on product quality at Moro Sakeco Restaurant Grabag
Magelang is in very good category (62%); And (2) consumer perception on service quality at Moro
Sakeco Restaurant Grabag Magelang is in very good category (70%).
Keywords: consumer perception, product quality, and service quality


Full Text:

PDF

References


Assegaf, Mohammad. 2009. Pengaruh

Kualitas Pelayanan Terhadap

Loyalitas Pelanggan (Studi Pada

Perusahaan Penerbangan P.T. Garuda

di Semarang). Jurnal. Semarang:

UNSILA.

Irwan Wijaya. 2009. Perilaku Organisasi.

Bandung: Sinar Baru.

Meldarianda dan Lisan. 2010. Pengaruh

Store Atmosphere terhadap Minat

Beli Konsumen pada Café

Atmosphere Bandung. Jurnal. Vol17

(2), Hal 97- 108.

Suci Wulan Sari. 2015. Kepuasan Konsumen

Terhadap Kualitas Pelayanan dI

nDALEM Ngabean Resto. Jurnal

Fakultas Teknik. Yogyakarta: UNY.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa.

Malang: Bayumedia Publising.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis.

Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i7.10209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1