ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMKN 3 PURWOREJO
Dr. Endang Mulyatiningsih, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor internal yang menyebabkan siswa kelas X jurusan Tata
Boga SMK Negeri 3 Purworejo mengalami kesulitan dalam mempelajari materi Ilmu Gizi. (2) mengetahui faktor
eksternal yang menyebabkan siswa kelas X jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Purworejo mengalami kesulitan
dalam mempelajari materi Ilmu Gizi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Tata Boga yang
berjumlah 90 orang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Tata Boga yang berjumlah 95
orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus slovin dan purposive
sampling..Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dengan skala likert. Uji validitas
instrument yang digunakan adalah validasi isi dan validitas konstruk, sedangkan untuk reliabilitas instrument
menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa memiliki kecenderungan mengalami kesulitan belajar Ilmu
Gizi yang disebabkan oleh: Faktor internal yang menyebabkan siswa mengalai kesulitan belajar meliputi faktor
motivasi dengan prosentase sebesar 50% berkategori sangat rendah, faktor minat memiliki prosentase sebesar
71,11% berkategori rendah, faktor sikap dengan prosentase sebesar 65,55% berkategori rendah, faktor kognitif
dengan prosentase sebesar 67,77% berkategori rendah, faktor kesehatan dengan prosentase sebesar 65,55%
berkategori rendah. (2) Faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar meliputi faktor
lingkungan sekolah dengan prosentase sebesar 60% berkategori rendah, faktor lingkungan keluarga dengan
prosentase sebesar 44,44% berkategori rendah, faktor lingkungan masyarakat dengan prosentase sebesar 56,66%
berkategori rendah
Kata kunci: faktor, kesulitan belajar, ilmu gizi
Abstract
This study aims to (1) know the internal factors that cause the students of class X Department of Culinary SMK
Negeri 3 Purworejo have difficulty in studying Nutrition Science material. (2) to know the external factors that
cause the students of X class of Department of Culinary SMK Negeri 3 Purworejo have difficulty in studying
Nutrition Science material. The population of this study is the students of X class of Department of Culinary which
amounts to 90 people. The population of this study is all students of X class of Department of Culinary which
amounts to 95 people. Sampling technique used is by using the formula slovin and purposive sampling ..
Techniques of collecting data using questionnaires or questionnaires with Likert scale. Instrument validity test used
is content validation and construct validity, while for instrument reliability using Alpha Cronbanch formula. Data
analysis used is quantitative descriptive analysis technique. Based on the results showed that students have a
tendency to have difficulty learning Nutrition Science caused by: Internal factors that cause students to learn
difficulty include the factor of motivation with percentage of 50% very low category, interest factor has a
percentage of 71.11% low category, Attitude with percentage equal to 65,55% categorized low, cognitive factor
with percentage equal to 67,77% low category, health factor with percentage equal to 65,55% categorized low. (2)
External factors that cause students experiencing learning difficulties include school environmental factors with a
percentage of 60% low category, family environmental factors with a percentage of 44.44% low category,
community environmental factors with a percentage of 56.66% categorized low.
Keyword: factors, learning difficulty, nutrition science
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta:
Rineka Cipta
Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Bandung:
Alfabeta
Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan
Kesulitan-Kesulitan Belajar.
Bandung: Tarsito
Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja
Grafindo
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik
Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi
Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. (2006). Metodologi Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D).Bandung:
Alfabeta
Sugiyono.(2015). Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
Sukaswanto. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar
Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika
dan Kekuatan Material. Jurnal Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan. Yogykarta:
Universitas Negeri Yogyakarta
Syah, M. (2004).Psikologi Pendidikan
dengan Pendekatan Baru. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.10090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1