KECUKUPAN GIZI PROTEIN DAN ENERGI MAKAN SIANG SISWA DI TKTARUNA AL-QURAN YOGYAKARTA
Dr. Mutiara Nugraheni, , Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui jumlah kandungan protein pada menu makan siang siswa di TK
Taruna Al-Quran Yogyakarta, (2) mengetahui kecukupan protein pada menu makan siang siswa di TK Taruna AlQuran
Yogyakarta, (3) mengetahui jumlah kandungan energi pada menu makan siang siswa di TK Taruna AlQuran
Yogyakarta, (4) mengetahui kecukupan energi pada menu makan siang siswa di TK Taruna Al-Quran
Yogyakarta.Jenis penelitian yang digunakan survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian
sebanyak 62 orang yang ditentukan menggunakan jenis sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling
jenuh. Teknik pengumpulan data dengan metode food weighing dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
analisis deskriptif kuantitatif.Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2017. Hasil penelitian
menunjukanjumlah kandungan protein pada menu makan siang siswa di TK Taruna Al-Quran Yogyakarta adalah
8,4 gr dengan kecukupan protein 79,6% termasuk dalam kategori defisit tingkat sedang, sedangkan jumlah
kandungan energi pada menu makan siang siswa di TK Taruna Al-Quran Yogyakarta adalah 190,8 kkal dengan
kecukupan energi 39,8% termasuk dalam kategori defisit tingkat berat.
Kata kunci: Kecukupan Gizi Protein, Kecukupan Energi, Makan Siang Siswa.
ABSTRACT
The purpose of this reseach are to (1) determinethe amount of protein content on lunch menu of students in
TK Taruna Al Quran Yogyakarta, (2) determinethe adequacy of the protein on lunch menu of students in TK
Taruna Al Quran Yogyakarta, (3) determinethe amount of energy content on lunch menu of students in TK Taruna
Al Quran Yogyakarta, (4) determinethe adequacy of energy on lunch menu of students in TK Taruna Al Quran
Yogyakarta. Type of research used was survey research with descriptive quantitative approach. Samples of
research were 62 people determined using nonprobability sampling type with saturated sampling technique.
Technique of data collection with the food weighing and documentation. Data analysis was done by employing
descriptive quantitative analysis. The time of the research was conducted from February until June 2017. The
results of the study shows the amount of protein content on the lunch menu of students in TK Taruna Al Quran
Yogyakarta is 8.4 gr with the adequacy of protein is 79,6% categorizedas deficit in the medium level, while the
amount of energy content on the lunch menu of students in TK Taruna Al Quran Yogyakarta is 190,8 kcal with the
adequacy of energy is 39.8% categorized as deficit weight level.
Keywords: Nutrition Adequacy of Protein, Adequacy of Energy, Lunch Students.
Full Text:
PDFReferences
Ari Istiany & Ruslianti. (2013). Gizi Terapan.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hilda Arista.(2016). Evaluasi Kecukupan Gizi
Protein Dan Energi Makan Siang Pada
Siswa Daycare Happy Bear Preschool.
Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri
Yogyakarta.
Loraine Harinda. (2012). Proporsi dan Status
Gizi Pada Anak Prasekolah Dengan
Kesulitan Makan di Semarang. Karya Tulis
Ilmiah. Semarang. Universitas Diponegoro.
Niken Putri Sukendro & Sunarti. (2012).
Perbedaan Asupan Energi Dan Protein Pada
Siang Hari Antara Anak Taman KananKanak
Di Sekolah Dengan Model School
Feeding Dan Non School Feeding. Jurnal
Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD. Vol
No 3 . Hlm 144-211.
Siti Nuraini Dongoran, Albiner Siagian, dan
Zulhaida Lubis (2015). kecukupan energi
dan protein serta status gizi siswa SMP yang
mendapat makan siang dan tidak mendapat
makan siang dari sekolah dengan sistem
fullday school. Karya Tulis Ilmiah. Medan.
Universitas Sumatera Utara.
Soetardjo. (2011). Gizi Seimbang dalam Daur
Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Supariasa. (2001). Gizi dalam Masyarakat.
Jakarta: PT. Alex Media.
Syamsudin, A.R. & Damaianti, V.S. (2011).
Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.10084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1