KECUKUPAN GIZI PROTEIN DAN ENERGI MAKAN SIANG SISWA DI TKTARUNA AL-QURAN YOGYAKARTA

Tating Rimbayanti, , Indonesia
Dr. Mutiara Nugraheni, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui jumlah kandungan protein pada menu makan siang siswa di TK
Taruna Al-Quran Yogyakarta, (2) mengetahui kecukupan protein pada menu makan siang siswa di TK Taruna AlQuran

Yogyakarta, (3) mengetahui jumlah kandungan energi pada menu makan siang siswa di TK Taruna AlQuran

Yogyakarta, (4) mengetahui kecukupan energi pada menu makan siang siswa di TK Taruna Al-Quran
Yogyakarta.Jenis penelitian yang digunakan survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian
sebanyak 62 orang yang ditentukan menggunakan jenis sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling
jenuh. Teknik pengumpulan data dengan metode food weighing dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
analisis deskriptif kuantitatif.Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2017. Hasil penelitian
menunjukanjumlah kandungan protein pada menu makan siang siswa di TK Taruna Al-Quran Yogyakarta adalah
8,4 gr dengan kecukupan protein 79,6% termasuk dalam kategori defisit tingkat sedang, sedangkan jumlah
kandungan energi pada menu makan siang siswa di TK Taruna Al-Quran Yogyakarta adalah 190,8 kkal dengan
kecukupan energi 39,8% termasuk dalam kategori defisit tingkat berat.

Kata kunci: Kecukupan Gizi Protein, Kecukupan Energi, Makan Siang Siswa.

 

ABSTRACT
The purpose of this reseach are to (1) determinethe amount of protein content on lunch menu of students in
TK Taruna Al Quran Yogyakarta, (2) determinethe adequacy of the protein on lunch menu of students in TK
Taruna Al Quran Yogyakarta, (3) determinethe amount of energy content on lunch menu of students in TK Taruna
Al Quran Yogyakarta, (4) determinethe adequacy of energy on lunch menu of students in TK Taruna Al Quran
Yogyakarta. Type of research used was survey research with descriptive quantitative approach. Samples of
research were 62 people determined using nonprobability sampling type with saturated sampling technique.

Technique of data collection with the food weighing and documentation. Data analysis was done by employing
descriptive quantitative analysis. The time of the research was conducted from February until June 2017. The
results of the study shows the amount of protein content on the lunch menu of students in TK Taruna Al Quran
Yogyakarta is 8.4 gr with the adequacy of protein is 79,6% categorizedas deficit in the medium level, while the
amount of energy content on the lunch menu of students in TK Taruna Al Quran Yogyakarta is 190,8 kcal with the
adequacy of energy is 39.8% categorized as deficit weight level.

Keywords: Nutrition Adequacy of Protein, Adequacy of Energy, Lunch Students.


Full Text:

PDF

References


Ari Istiany & Ruslianti. (2013). Gizi Terapan.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hilda Arista.(2016). Evaluasi Kecukupan Gizi

Protein Dan Energi Makan Siang Pada

Siswa Daycare Happy Bear Preschool.

Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Loraine Harinda. (2012). Proporsi dan Status

Gizi Pada Anak Prasekolah Dengan

Kesulitan Makan di Semarang. Karya Tulis

Ilmiah. Semarang. Universitas Diponegoro.

Niken Putri Sukendro & Sunarti. (2012).

Perbedaan Asupan Energi Dan Protein Pada

Siang Hari Antara Anak Taman KananKanak

Di Sekolah Dengan Model School

Feeding Dan Non School Feeding. Jurnal

Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD. Vol

No 3 . Hlm 144-211.

Siti Nuraini Dongoran, Albiner Siagian, dan

Zulhaida Lubis (2015). kecukupan energi

dan protein serta status gizi siswa SMP yang

mendapat makan siang dan tidak mendapat

makan siang dari sekolah dengan sistem

fullday school. Karya Tulis Ilmiah. Medan.

Universitas Sumatera Utara.

Soetardjo. (2011). Gizi Seimbang dalam Daur

Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Supariasa. (2001). Gizi dalam Masyarakat.

Jakarta: PT. Alex Media.

Syamsudin, A.R. & Damaianti, V.S. (2011).

Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.10084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1