PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK MAKANAN SISWA ENTREPRENEURSHIP DI SMKN 4 SURAKARTA
Dr. Badraningsih Lastariwati, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Intensitas akses media sosial sebagai alat pemasaran
produk pada siswa kelas Entrepreneurship di SMK Negeri 4 Surakarta (2) Media sosial apa saja yang
digunakan oleh siswa kelas Entrepreneurship SMK Negeri 4 Surakarta sebagai alat pemasaran produk (3)
Peran media sosial bagi siswa kelas Entrepreneurship SMK Negeri 4 Surakarta dalam mempromosikan
produk makanan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Populasi sebanyak 54 siswa yang terdiri dari tingkat XI dan XII kelas Entrepreneurship dan sampel
sebanyak 47 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket. Teknik analisis data deskriptif
menggunakan bantuan program statistik SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Mayoritas siswa menggunakan media sosial untuk pemasaran dengan intensitas 1- 2 jam per hari (2)
Media sosial yang digunakan dalam pemasaran produk makanan adalah Instagram, BBM, Facebook,
WhatsApp, Line, Path, Twitter (3) Siswa telah melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dengan
sangat efektif.
Kata kunci : Media Sosial, Pemasaran Produk Makanan, Kelas Entrepreneurship
Abstract
The purposes of this study are to understand (1) intensity of accessing social media as a
marketing tool by students in Entrepeneurship class in SMK N 4 surakarta (2) kinds of social media used
by students in Entrepeneurship class in SMK N 4 surakarta as a marketing tool (3) the role of social
media in promoting student’s product. This study was a survey research using descriptive quantitative
research approach. The population was 54 students from XI and XII grades in entrepreneurship class.
Total sample obtained was 47 students. Data analysis technique used was descriptive analysis by using
statistical program SPSS 16.0. The results of study show that (1) the majority of students use social
media for marketing, with the intensity of accesing social media is 1- 2 hours a day (2) Social media used
for marketing their products are instagram, BBM, facebook, whatsapp, line, path and twitter (3) the
student has done the promoting activities through social media very effectively.
Keyword :Social Media, Food product marketing, Entrepreneurship class
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2015). Indonesia Internet Users. Laporan
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia. Diakses pada 31 Desember 2016
jam 08.18 WIB. Dari http://www.apjii.or.id/
v2/read/page/halaman-data/9/statistik.html.
Basu Swasta DH., dan T. Hani Handoko. (1997).
Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty.
Faraz Farooq and Zohaib Jan. (2012). The Impact
of Social Networking to Influence Marketing
through Product Reviews. International
Journal of Information and Communication
Technology Reseacrh Vol 2 No 8
Felix Pratama and Sandy Wijaya. (2014). The
Impact of Marketing Promotion through
Social Media on People’s Buying Decision
of Lenovo in Intternet Era : A survey of
Social Media Users In Indonesia.
International Journal of Science and
Research Publication Vol 4 Issue 1.
Gumilar (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai
Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri
Kreatif Fashion Di Kota Bandung. Jurnal
Ilmu Politik dan Komunikasi 5(V). Hlm.7784
Gurnelius and Susan. (2011). 30-minute Sosial
Media Marketing, United States: McGrawHill
Companies.
Hamed Karamian. (2015). Do Social Media
Marketing Activities Increase Brabd
Equity?. International Journal of Economy,
Management and Socal Sciences.Vol 4 No 3.
Pavel Ciprian. (2013). The Growing Importance of
Social Media in Business Marketing.
Quaetus Multidisciplinary Journal.
Prima Qurrota Ayun. (2015). Fenomena Remaja
Menggunakan Media Sosial dalam
Membentuk Identitas. Jurnal Ilmu
Komunikasi Vol 3. No 2 Universitas Ahmad
Dahlan.
Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan
Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex
Komputindo.
Ratih Indriani. (2015). Penggunaan Media Sosial
pada Komunikasi Pemasaran L’Cheese
Factory di Pekanbaru. Jurnal FISIP
Universitas Riau.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suryana,Yuyus. (2010). Kewirausahaan:
Pendekatan Karakteristik Wirausahawan
Sukses. (edisi pertama). Jakarta: Prenada
Media Group.
We are Social. (2015). Digital, Social and Mobile
in 2015. Diakses tanggal 27 Maret 2017 jam
35 dari https://wearesocial.com/
sg/specialreports/digital-social-mobile-2015.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.10082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1