Reward dan punishment sebagai instrumen pembentukan karakter disiplin atlet studi kasus di PB Champion Klaten

Sandi Fredi Isnanto,
Puji Wulandari Kuncorowati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan reward dan punishment dalam pembentukan karakter disiplin atlet di PB Champion Klaten dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pelatih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem reward dan punishment telah diterapkan secara terstruktur sejak awal berdirinya klub. Reward diberikan dalam bentuk pujian, hadiah, dan beasiswa untuk memotivasi serta mengapresiasi prestasi dan perilaku disiplin atlet, sedangkan punishment diterapkan secara bertahap mulai dari teguran lisan, hukuman fisik edukatif, surat peringatan, hingga sanksi dikeluarkan dari klub untuk pelanggaran berat. Faktor pendukung utama keberhasilan penerapan sistem ini meliputi profesionalisme pelatih, fasilitas latihan yang lengkap, dukungan sponsor, serta peran aktif orang tua. Hambatan yang dihadapi terutama berasal dari motivasi dan kesadaran diri atlet yang fluktuatif. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti bahwa pembentukan karakter disiplin di PB Champion Klaten terintegrasi dengan nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan kemasyarakatan melalui aktivitas organisasi klub.

Full Text:

PDF

References


Aulia, S. S., Arpannudin, I., Dahlan, A., Jurusan, Y., & Fakultas, P. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Lingkup Sosio-Kultural Pendidikan Non-Formal. In Jurnal Civic Education (Vol. 3, Issue 1).

Hamdani, A. D., Dewi, D. A., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Bersosialisasi Dan Membangun Karakter Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Vol. 13, Issue 1).

Isa Sabriana, & Jerry Indrawan. (2022). Mengembangkan Kesadaran Diri (Self-Awareness) Masyarakat Untuk Menghadapi Ancaman Non-Tradisional: Studi Kasus Covid-19. Jurnal Lemhannas Ri, 8(2), 131–150. Https://Doi.Org/10.55960/Jlri.V8i2.318

Janustisia Sari, W., Aisa, A., & Al-Hady Bombana, S. (2021). Jec (Jurnal Edukasi Cendekia) Persepsi Guru Pai Terhadap Pemberian Punishment Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Di Sma Negeri 07 Bombana.

Khofifa, I. N. T., Adisel, & Latipah, N. (2020). Bentuk-Bentuk Hadiah (Reward) Dan Penerapannya Dalam Kegiatan Belajar Siswa Di Sd Negeri 1 Kota Bengkulu.

Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2024). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Warga Negara Indonesia. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(4), 105–110. Https://Doi.Org/10.56393/Konstruksisosial.V1i12.275

Pratiwi, Y., Mustakim, I., & Safruddin, M. (2023). Rewards Dan Punishments; Indera Pendidikan Integrasi Dalam Eksekusi Edukasi Kedisiplinan.

Subakti, A. (2024). Pemberian Punishment Sebagai Wujud Pembentukan Karakter Disiplin Siswa.

Sutrisno, Sapriya, Komalasari, K., & Rahmad. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyrakatan Dalam Membangun Wawasan Warga Negara Global.

Wijayanto, R., & Marzuki. (2018). Pendidikan-Bela-Negara-Sebagai-Tonggak-Peradaban-Jiwa-Patriotisme-Generasi-Muda.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i5.24801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link