Pengaruh eksposur konten politik di media sosial X terhadap arah orientasi politik mahasiswa FISIP UNY pada pilpres 2024
Chandra Dewi Puspitasari, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten politik di media sosial X terhadap orientasi politik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Sampel sebanyak 198 responden ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin dan taraf kesalahan 7%. Instrumen berupa angket telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,605, artinya penggunaan media sosial X berkontribusi 60,5% dalam membentuk orientasi politik mahasiswa, mencakup aspek kognitif, afektif, dan evaluatif. Sisanya 39,5% dipengaruhi faktor lain seperti lingkungan sosial, keluarga, pendidikan politik formal, dan pengalaman pribadi.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, N., & Suryani, A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kesadaran politik mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 95–104.
Anggreani, D. (2024). Media sosial dan pengaruhnya terhadap pemilih muda di Indonesia. Jurnal Komunikasi Politik Digital, 7(1), 34–48.
Annur, C. M. (2024). Jumlah pengguna media sosial di Indonesia tahun 2024. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id
Arpandi, I. (2023). Pengaruh kampanye digital terhadap preferensi politik generasi milenial. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 10(1), 45–60.
Bagyratnam, D. (2024). Strategi komunikasi politik partai melalui media sosial. Jurnal Politik dan Demokrasi, 12(2), 111–122.
Ball-Rokeach, S. J., & DeFleur, M. L. (1976). A dependency model of mass-media effects. Communication Research, 3(1), 3–21.
Dila Agis, D., Isri Nurani, M., Nuryana Alfarizi, & Rifa Datul H. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap partisipasi politik mahasiswa. Jurnal Komunikasi dan Politik, 8(1), 55–70.
Dimaz, O., Prasetya, H., & Fitriani, L. (2023). Perilaku pemilih pemula dan peran media sosial dalam Pilkada. Jurnal Politik Lokal, 9(2), 102–114.
Fajar Kurniawan. (2023). Partisipasi politik mahasiswa di era digital. Jurnal Demokrasi Digital, 6(1), 20–35.
GoodStat. (2025). Proyeksi jumlah pengguna media sosial global. Global Digital Report 2025. https://goodstat.org
Gunawan, R. (2023). Media sosial dan pembentukan opini publik mahasiswa. Jurnal Komunikasi Interaktif, 5(2), 80–89.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and gratifications research. The Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523.
Kurniawan, F. (2024). Orientasi politik generasi muda dalam pemilu 2024. Jurnal Politik dan Pemerintahan, 11(3), 1159–1170.
McCombs, M., & Shaw, D. L. (1972). The agenda-setting function of mass media. The Public Opinion Quarterly, 36(2), 176–187.
Miranda, E. (2024). Tren digital dan pengaruh media sosial global. Jurnal Informasi Digital, 7(1), 12–25.
Nurdianti, S. (2023). Penggunaan media sosial oleh mahasiswa dan efeknya terhadap pemahaman politik. Jurnal Komunikasi Mahasiswa, 4(2), 1–12.
Nurhayati, T., & Setiawan, A. (2021). Pendidikan politik dan sikap kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 9(2), 40–52.
Pora, M., Hutagalung, R., & Nurlita, T. (2022). Disinformasi politik di media sosial X dan dampaknya terhadap pemilih muda. Jurnal Media dan Demokrasi, 10(1), 30–40.
Prasojo, H. (2022). Aktivisme politik digital di kalangan mahasiswa. Jurnal Komunikasi Politik Digital, 5(2), 60–73.
Putra, D., & Wijaya, A. (2022). Algoritma media sosial dan echo chamber politik. Jurnal Teknologi dan Politik, 4(3), 88–97.
Rahmawati, I. (2022). Intensitas penggunaan media sosial dan pembentukan orientasi politik. Jurnal Politik Indonesia, 13(2), 105–115.
Sari, M. (2023). Preferensi media generasi Z dalam mengakses informasi politik. Jurnal Sosial Media dan Politik, 6(1), 140–150.
Schramm, W., & Roberts, D. F. (1971). The process and effects of mass communication. University of Illinois Press.
Setiawan, A., & Djafar, F. (2023). Efek media sosial terhadap keputusan politik mahasiswa. Jurnal Politik Pemuda, 4(1), 200–210.
Suoth, H. R., & Suidarma, N. (2024). Sosialisasi politik dan literasi pemilih pemula. Jurnal Ilmu Politik dan Kewarganegaraan, 10(1), 165–178.
Titahena, N. (2023). Media sosial sebagai ruang publik baru. Jurnal Teknologi dan Masyarakat, 9(2), 44–52.
We Are Social & Meltwater. (2024). Digital 2024 Indonesia. https://wearesocial.com/insights/digital
Yani, L., Ramadhan, A., & Nur Azizah. (2022). Orientasi politik mahasiswa dalam dinamika demokrasi Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 11(1), 1–15.-
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i4.24587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.