Analisis kualitas soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2 Sukoharjo

Desinta Ayu Liana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal yang ditelaah secara kualitatif, kuantitatif dan jumlah butir soal yang berkualitas pada Penilaian Sumatif Akhir Jenjang mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Data penelitian diperoleh melalui lembar telaah dan hasil analisis. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) serta uji kualitas soal, yang terdiri dari uji analisis kualitatif dan uji analisis kuantitatif (tingkat kesulitan, daya beda dan distractor). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas butir soal PSAJ yang ditelaah secara teoritis terdapat 22 butir soal yang dapat diterima dan dinyatakan baik oleh ketiga ahli dari 30 butir soal pilihan ganda, Kualitas butir soal PSAJ yang ditelaah secara empiris terdapat 9 butir soal yang memiliki tingkat kesulitan, daya beda, dan pengecoh yang baik, Jumlah butir soal PSAJ yang berkualitas sebanyak 7 butir menurut hasil analisis validitas Aiken’s, telaah secara teoritis, dan telaah secara empiris.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i4.24564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link