Penguatan Karakter Disiplin Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kultur Sekolah di SMP Negeri 2 Berbah

Alifia Salma Husna, Universitas Negeri Yogyakarta
Chandra Dewi Puspitasari, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguatan nilai karakter disiplin melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kultur sekolah di SMP Negeri 2 Berbah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif. Penelitian ini  melibatkan subjek kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru bimbingan konseling, guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila, 2 perwakilan siswa dari kelas VII dan VIII yang ditentukan menggunakan teknik purposive. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penguatan nilai karakter displin di SMP Negeri 2 Berbah yang dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu guru selalu menekankan kedisiplinan pada siswa dimulai dari guru memberi contoh disiplin, siswa mengerjakan tugas yang diberikan, menciptakan suasana belajar yang kondusif. Implementasi melalui kultur sekolah yakni pembiasaan, program-program seperti disiplin beragama, disiplin literasi, disiplin keseharian, Jumat Krida, serta program kolaborasi. (2) faktor pendukung penguatan nilai karakter disiplin yaitu semangat dan respon positif guru, dukungan orang tua dengan adanya monitoring bersama orang tua, semangat peserta didik. Faktor penghambat penguatan nilai karakter disiplin yaitu keberagaman karakter peserta didik, kemajuan teknologi, penyesuaian diri tenaga pendidik terhadap aturan. 


Full Text:

PDF

References


Afrita, F., & Yusri, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. Retrieved from https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/101/149

Antari, L. P. S. A., & Liska, L. de. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Jurnal Widyadari, 21(2), halaman 676-687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Bidhumas. (2024). Polresta Yogyakarta Catat 5 Kasus Tawuran Sepanjang Januari-Agustus 2024. Retrieved June 10, 2025, from https://jogja.polri.go.id/polda/tribrata-news/online/detail/polresta-yogyakarta-catat-5-kasus-tawuran-sepanjang-januari-agustus-2024.html

Cahya, D. E., Susanto, E., & Sanusi, A. R. (2024). Peran Guru Pendidikan Pendidikan Pancasila Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Smpn 3 Karawang Barat. Journal on Education, 05(04), 4410–4417. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1572

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258

Jaya, T. P., & Suharso, S. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(3), 30–35.

Kezia, P. N. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941–2946.

Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179

Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of moral Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100.

Mayasari, A., & Arifudin, O. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multididiplin Ilmu[Al-Kamil], 1(1), 47–59.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. (Rizal, Ed.). NUSA MEDIA.

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332

Shoimah, L. (2018). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jktp/Article/View/4206, 1(2), 169–175. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206%0Ahttp://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/download/4206/2774

Syamsudin. (2016). Peran Kultur Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 1–18. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v2i2.4

Tambun, S. I. E., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup BAB IV Pasal 5 Mengenai Hak dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua dan Pemerintah. Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH), 1(1), 82–88. https://doi.org/https://doi.org/10.51622/vsh.v1i1.27

Utami, M. T., & Satria, R. (2023). Implementasi Nilai-nilai Karakter Disiplin dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sungai Rumbai. Anwarul: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(6), 1449–1461. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.2015

Yuliarti, Japar, M., & Yulia Siska. (2023). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. (A. Wicaksono, Ed.) (Pertama). Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i4.24533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link