Efektivitas Media Wordwall 'Open the Box' terhadap Pemahaman Konsep Kebinekaan Indonesia pada Siswa SMP

Azahra Septia Santoso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media wordwall ‘open the box’ terhadap pemahaman siswa pada materi kebinekaan Indonesia mata pelajaran pendidikan pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kedokan Bunder, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa pretest dan posttest.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep pada siswa setelah pembelajaran menggunakan media Wordwall. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,69 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 81,88. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 673,125 lebih besar dari F-tabel sebesar 4,171, sehingga H₀ ditolak. Dengan demikian, pada taraf signifikansi 5% (0,05), dapat disimpulkan bahwa media Wordwall ‘Open the Box’ efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi Kebinekaan Indonesia. Nilai R² sebesar 0,957 menunjukkan bahwa efektivitas media ini terhadap pemahaman siswa mencapai 95,7%.

Full Text:

PDF

References


Arini, A. D., Setiyaningtiyas, A. N., Ningtyas, A., Nappa, A. S., Kokomaking, A. J., Iftitah, A. N., &

Sukriono, D. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran

Pendidikan Pancasila melalui aplikasi Wordwall pada kelas VII A SMPN 8 Malang. Jurnal

Integrasi

dan

Harmoni

Inovatif

https://doi.org/10.17977/um063v4i6p10

Ilmu-Ilmu

Creswell, J. W. (2017). Research design. SAGE Publications.

Sosial,

(6),

-215.

Djamaluddin, A., & Wardana, Dr. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi

pedagogis (1st ed.). Parepare: CV Kaaffah Learning Center.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media pembelajaran. In Tahta Media

Group.

Hasan, S. W., Auliah, A., & Herawati, N. (2020). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan

berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Chemistry Review Pendidikan Kimia PPS UNM, 3(2), 185–193.

https://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/13769

Hendriyani, R., Hendrayana, A., & Khaerunnisa, E. (2023). Pengaruh model problem based learning

(Pbl) termodifikasi cognitive load theory terhadap kemampuan pemecahan masalah

matematis di kabupaten Serang. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 133

http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/27149

Hidayat, M. I., Jahidin, J., & Amiruddin, A. (2024). Hubungan gaya belajar dan kepercayaan diri dengan

pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis pada materi keanekaragaman hayati

kelas X di SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA.

https://journal.uho.ac.id/index.php/biofiskim/article/view/861

Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian. Rajawali Pers

Azahra Septia Santoso, Marzuki. Efektifitas Media Wordwall ‘Open the Box’ terhadap Pemahaman Konsep Kebinekaan Indonesia pada

Siswa SMP

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam

mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 2(1),

-84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Procedia

Jalani, N. H., & Sern, L. C. (2015). The example-problem-based learning model: applying cognitive load

theory. -

Social

and

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201 5.06.366

Behavioral

Sciences,

,

–880.

Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022).

Media pembelajaran canva untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran

kurikulum merdeka. Jurnal Biofiskim: Penelitian dan Pembelajaran IPA,Vol.6, No.1, 2024.

https://doi.org/10.33772/biofiskim.v6i1.861

Mayer, Richard E & Moreno, Roxana. (2010). Cognitive load theory: technique that reduce extraneous

cognitive load and manage intrinsic cognitive load during multimedia learning. United State

of America : Cambridge University Press

Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan pendampingan

implementasi aplikasi wordwall dalam pembelajaran matematika bagi guru kelas rendah

sekolah dasar inpres maulafa kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2),

- 110. https://journal.jis-institute.org/index.php/jnpm/article/view/574.

Nugraha, M. A. (2024). Pemanfaatan media digital untuk pembelajaran kreatif. Karimah Tauhid,

(11), 12420–12427. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i11.15308

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan

Penerbit UNM.

Purnamasari, L. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall pada

mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(1), 45–52.

https://doi.org/10.31219/osf.io/xyz123

Surya, S., Usman, U., Ilyas, S. N., Rahayu, R., & Safitri, N. (2024). Wordwall open the box: cara inovatif

mengajar anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 114

https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1876

Syifa, M. H., Puspitasari, Y. D., & Pratama, H. (2023). Pengaruh media permainan kartu klasifikasi

berbasis peta konsep terhadap hasil belajar IPA materi klasifikasi makkhluk hidup pada siswa

kelas VII SMP islam baburrohman mojosari kabupaten Mojokerto. Dharma Pendidikan, 19(2),

–186. https://www.journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/493/469

Sweller, J. (2010). Element interactivity and intrinsic, extraneous, and germane cognitive load.

Educational Psychology.

Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan media pembelajaran

terhadap keterampilan berpikir kritis IPS siswa sekolah dasar. Journal on Education, 5(2),

–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i4.24490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link