Efektivitas Media Wordwall 'Open the Box' terhadap Pemahaman Konsep Kebinekaan Indonesia pada Siswa SMP
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arini, A. D., Setiyaningtiyas, A. N., Ningtyas, A., Nappa, A. S., Kokomaking, A. J., Iftitah, A. N., &
Sukriono, D. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
Pendidikan Pancasila melalui aplikasi Wordwall pada kelas VII A SMPN 8 Malang. Jurnal
Integrasi
dan
Harmoni
Inovatif
https://doi.org/10.17977/um063v4i6p10
Ilmu-Ilmu
Creswell, J. W. (2017). Research design. SAGE Publications.
Sosial,
(6),
-215.
Djamaluddin, A., & Wardana, Dr. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi
pedagogis (1st ed.). Parepare: CV Kaaffah Learning Center.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media pembelajaran. In Tahta Media
Group.
Hasan, S. W., Auliah, A., & Herawati, N. (2020). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan
berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Chemistry Review Pendidikan Kimia PPS UNM, 3(2), 185–193.
https://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/13769
Hendriyani, R., Hendrayana, A., & Khaerunnisa, E. (2023). Pengaruh model problem based learning
(Pbl) termodifikasi cognitive load theory terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis di kabupaten Serang. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 133
http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/27149
Hidayat, M. I., Jahidin, J., & Amiruddin, A. (2024). Hubungan gaya belajar dan kepercayaan diri dengan
pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis pada materi keanekaragaman hayati
kelas X di SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA.
https://journal.uho.ac.id/index.php/biofiskim/article/view/861
Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian. Rajawali Pers
Azahra Septia Santoso, Marzuki. Efektifitas Media Wordwall ‘Open the Box’ terhadap Pemahaman Konsep Kebinekaan Indonesia pada
Siswa SMP
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam
mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 2(1),
-84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Procedia
Jalani, N. H., & Sern, L. C. (2015). The example-problem-based learning model: applying cognitive load
theory. -
Social
and
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201 5.06.366
Behavioral
Sciences,
,
–880.
Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022).
Media pembelajaran canva untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran
kurikulum merdeka. Jurnal Biofiskim: Penelitian dan Pembelajaran IPA,Vol.6, No.1, 2024.
https://doi.org/10.33772/biofiskim.v6i1.861
Mayer, Richard E & Moreno, Roxana. (2010). Cognitive load theory: technique that reduce extraneous
cognitive load and manage intrinsic cognitive load during multimedia learning. United State
of America : Cambridge University Press
Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan pendampingan
implementasi aplikasi wordwall dalam pembelajaran matematika bagi guru kelas rendah
sekolah dasar inpres maulafa kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2),
- 110. https://journal.jis-institute.org/index.php/jnpm/article/view/574.
Nugraha, M. A. (2024). Pemanfaatan media digital untuk pembelajaran kreatif. Karimah Tauhid,
(11), 12420–12427. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i11.15308
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan
Penerbit UNM.
Purnamasari, L. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall pada
mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(1), 45–52.
https://doi.org/10.31219/osf.io/xyz123
Surya, S., Usman, U., Ilyas, S. N., Rahayu, R., & Safitri, N. (2024). Wordwall open the box: cara inovatif
mengajar anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 114
https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1876
Syifa, M. H., Puspitasari, Y. D., & Pratama, H. (2023). Pengaruh media permainan kartu klasifikasi
berbasis peta konsep terhadap hasil belajar IPA materi klasifikasi makkhluk hidup pada siswa
kelas VII SMP islam baburrohman mojosari kabupaten Mojokerto. Dharma Pendidikan, 19(2),
–186. https://www.journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/493/469
Sweller, J. (2010). Element interactivity and intrinsic, extraneous, and germane cognitive load.
Educational Psychology.
Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan media pembelajaran
terhadap keterampilan berpikir kritis IPS siswa sekolah dasar. Journal on Education, 5(2),
–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i4.24490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.