Analisis Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Linktree Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dalam Mata Pendidikan Pancasila Peserta Didik SMA N 1 Gamping
Puji Wulandari Kuncorowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi linktree terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Gamping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang dipengaruhi oleh metode ceramah yang monoton serta kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen (nonequivalent control group). Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan angket minat belajar. Analisis data mencakup uji instrumen (validitas dan reliabilitas) serta uji hipotesis menggunakan uji-t (independent sample t-test). Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,553, yang berarti tidak ada perbedaan signifikan pada tingkat 0.553. Maka penetapan hipotesis nilai Sig < 0.05. Dengan demikian hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gamping antara yang menggunakan pembelajaran “Aplikasi linktree ” (kelas eksperimen) dengan media konvensional (kelompok kontrol).
Full Text:
PDFReferences
Adisel, A. A., Syafri, F. S., & Suryati. (2021). Pengaruh Model Paikem Gembrot Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 197-204
Afriani, S., & Yanti, R. T. (2023). The Influence Of Digital Payment On Consumptive Behavior
(Case Study Students of the Faculty Economics, UNIVED Bengkulu). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(1), 1–11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR%0ATHE
Akhmad, R., Sugandi, D., & Nandi, N. (2018). Infographics in Higher Education: Instructional Media for Students’ Writing Proficiency. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1).
Amalia, et al. (2020). Efektifitas Kompres Hangat Terhadap Intensitas Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III. Journal Of Holistic Nursing And Health Science. Vol 3(1). Hal 24-31.
A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo
Chariyah Hasan, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan, (Surabaya : Al-Ikhlas, 1994), hlm. 86.
Dedy, Prayogo (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MEDIA LINK TREE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V DI MI AL- IRSYAD DARUSALAM LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Djamarah, S. B. (2018). Pengelolaan Kelas yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru (Vol. 153). Syiah Kuala University Press.
Fadillah, Nadya, Nur. (2016). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Dirgantara Indonesia Bandung. Skripsi. Universitas Pasundan.
Febriansyah, F. I. (2017). Keadilan Berdasarkan Pancasila Sebagai Dasar Filosofis dan Ideologis Bangsa. Jurnal Ilmu Hukum. Volume 13 (25), pp. 1-27. Dari: http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dih/article/view/1545/1310.
Kinanti, A. S., & Imran, A. I. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS LEMONILO MELALUI INSTAGRAM THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING ON BRAND AWARENESS THROUGH INSTAGRAM. EProceedings of Management, 8(2).
Muslimin, H. (2016). Tantangan Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara Pasca Reformasi. Jurnal Cakrawala Hukum. Volume 7 (1), pp. 30-38. Dari : https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jch/article/viewFile/1791/1 155.
Pratiwi, S. (2018). Pengaruh Prestasi Belajar Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mlati. Skripsi: Fakultas Ilmu Pendidikan , 9(2), 104
Sorensen, K., Pelikan, J., Rothlin, F., Ganahl, K., Slonska, Z., Doyle, G., et al. (2015). Health literacy in Europe: Comparative results of the European health literacy survey (HLS-EU). European Journal of Public Health, 25(6), 1053–1058.
Syamsuddin, Rahman. (2019). Pengantar Hukum Indonesia. Jakarta: Penerbit Kencana.
Tooli, F., Nurfaika, N., & Rusiyah, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Web Linktree Pada Mata Pelajaran Geografi Dinamika Kependudukan Di SMA Negeri I Biluhu. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 9(1), 38–46.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i3.24477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.