Civic Skills dan Perilaku Memilih: Studi Campuran pada Mahasiswa PPKn UNY dalam Pemilihan Presiden 2024

Dewa Maulana Wijaya K, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suharno Suharno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) memahami implementasi civic skills mahasiswa PPKn UNY pada Pemilihan Presiden 2024; 2) menguraikan faktor apa saja yang memengaruhi implementasi civic skills mahasiswa PPKn UNY dalam perilaku memilih dan pengambilan keputusan politik pada Pemilihan Presiden 2024; 3) mengklasifikasikan pola kecenderungan perilaku memilih mahasiswa PPKn UNY pada Pemilihan Presiden 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan strategi penelitian exploratory sequential. Model analisis data yang digunakan adalah Miles, Huberman, dan Saldana dengan menggunakan software ATLAS.ti pada penelitian kualitatif serta analisis statistik deskriptif dengan menggunakan software SPSS pada penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mahasiswa PPKn UNY mengimplementasikan civic skills pada Pemilihan Presiden 2024, dengan tingkat implementasi civic skills pada tahap menegah; 2) terdapat beberapa faktor yang memengaruhi implementasi civic skills dalam perilaku memilih mahasiswa PPKn UNY, seperti faktor internal, faktor eksternal, faktor media sosial, serta kecenderungan dan preferensi politik; 3) pola perilaku memilih mahasiswa PPKn UNY pada Pemilihan Presiden 2024 adalah sosiologis-psikologis.

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, M. R. N., Ariesta, D. R., Hariroh, S. Q., Antika, S. A., & Maharani, S. D. (2024). Analisis Voting Behavior Gen-Z Pada Pemilu 2024 dan Pengaruh Terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045: Studi Kasus Mahasiswa Kota Surabaya. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 390–408. http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajshhttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh

Boyte, H. C. (2000). Civic Education as a Craft, Not a Program (S. Mann & J. J. Patrick, Eds.). ERIC Clearinghouse for Social Studies/Social Science Education.

Branson, M. S. (1999a). Belajar “Civic Education” dari Amerika (S. Muhammad, M. Y. Alimi, & M. N. Khoiron, Eds.). LKIS.

Branson, M. S. (1999b). Dasar-Dasar Civic Education. In M. Y. A. Syafruddin & M. N. Khoiron (Eds.), Belajar Civic Education dari Amerika (1st ed., pp. 1–80). LKIS.

Campbell, A., Converse, P. E., Miller, W. E., & Stokes, D. E. (1960). The American Voter. JOHN WILEY & SONS, INC.

Febrianti, N., Nur, S. M., & Juwita, S. R. (2023). Penguatan Civic Skills melalui Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Partisipasi Mahasiswa sebagai Warga Negara. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 14–21. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.13857

Fernandes, A., Suryahuda, E. G., Perkasa, V. D., & Fahrizal, N. D. (2022). Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi.

Friska Dewi, N., Anggraini, D., Arya Ghifari, T., Purwanto, B., Desvita Tori Khanafi, Z., Firnandyn, A., Dwi Yulianti, N., Setyoningrum, A., Pendidikan Geografi, P., Sosiologi dan Antropologi, P., & Ilmu Pengetahuan Sosial, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap Polarisasi Politik pada Pemilu Presiden di Indonesia: Studi Kasus pada Mahasiswa UNNES (Vol. 3, Issue 4). http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk

Ghaitsa Zahira Shofa, Ristania Tri Widiarti, Rochmawati Ing Lestari, & Nurhasanah. (2024). Increase in Abstention Rates in the 2024 Election: Decreasing Community Participation in Using the Right to Vote. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 2(1), 112–120. https://doi.org/10.61787/sj4by328

Kavanagh, D. (2024). Political Science and Political Behaviour. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003477006

Kirlin, M. (2003). The Role of Civic Skills in Fostering Civic Engagement (6).

Kulachai, W., Lerdtomornsakul, U., & Homyamyen, P. (2023). Factors Influencing Voting Decision: A Comprehensive Literature Review. Social Sciences, 12(9), 469. https://doi.org/10.3390/socsci12090469

Lazarsfeld, P. F., Berelson, B., & Gaudet, H. (1968). The People’s Choice: How The Voter Makes Up His Mind In a Presidential Campaign (3rd ed.). Columbia University Press.

Listyarini, D., Saputra, A., Faozi, S., & Fitika, A. (2023). Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi pada Mahasiswa dalam Kehidupan di Kampus. INTEGRALISTIK, 34(1), 1–6.

Lupia, A., & McCubbins, M. D. (1998). The Democratic Dilemma Can Citizen Learn What They Need to Know? Cambridge University Press.

Mason, L. (2018). Uncivil Agreement: How Politics Became Our Identity (1st ed.). University of Chicago Press.

Nai, A., & Maier, J. (2024). The Wrath of Candidates. Drivers of Fear and Enthusiasm Appeals in Election Campaigns across the Globe. Journal of Political Marketing, 23(1), 74–91. https://doi.org/10.1080/15377857.2021.1930327

Rose, R., & McAllister, I. (1990). The Loyalties of Voters. Sage Publications.

Shanto, I., & Donald, R. K. (1987). News That Matters: Television and American Opinion (1st ed.). The University of Chicago Press,.

Silalahi, W. (2022). INTEGRITAS DAN PROFESIONALITAS PENYELENGGARA PEMILU DEMI TERWUJUDNYA PEMILU YANG DEMOKRATIS. Jurnal Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, 4(1), 71–83. https://doi.org/10.55108/jbk.v4i1.94

Sitorus, H. J., Tanoyo, M., & . I. (2024). Polarisasi Politik Melalui Interaksi Sosial Di Instagram: Studi Kasus Pemilu 2024 Di Indonesia. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(2), 383–394. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1675

Verba, S., Schlozman, K. L., & Brady, H. E. (1995). Voice and Equality: Civic Voluntarism in American Politics. Harvard University Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i3.24426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link