Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Kompetensi Guru Terhadap Kesulitan Belajar Pendidikan Pancasila melalui Persepsi Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung antara konsentrasi belajar, kompetensi guru, persepsi peserta didik terhadap kesulitan belajar Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta. Desain yang digunakan adalah Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 154 responden yang ditentukan menggunakan Nomogram Harry King. Validitas isi diuji oleh para ahli dan praktisi, dan data dianalisis menggunakan path analysis melalui LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar dan kompetensi guru berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap persepsi peserta didik. Kompetensi guru dan persepsi peserta didik juga berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kesulitan belajar, sedangkan pengaruh konsentrasi belajar terhadap kesulitan belajar tidak signifikan. Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan dari konsentrasi belajar serta kompetensi guru terhadap kesulitan belajar melalui persepsi peserta didik. Disarankan agar guru dan sekolah menciptakan pembelajaran yang mendukung kompetensi guru dan persepsi positif peserta didik.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i3.24422
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.