Implementasi Program Senin Bersinar sebagai Strategi Penguatan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Sleman
Iffah Nur Hayati, , Indonesia
Abstract
Penguatan karakter berperan penting dalam menguatkan nilai- nilai karakter pada peserta didik. MAN 2 Sleman mengimplementasikannya dalam program Senin Bersinar dalam menghadapi tantangan degradasi karakter yang terjadi. Penelitian ini bertujuan menganalisis penguatan karakter peserta didik melalui program Senin Bersinar di MAN 2 Sleman. Metode yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi wakil kepala kurikulum, koordinator agama, fasilitator program, peserta didik kelas X dan XI. Analisis data menggunakan teknik Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Senin Bersinar melalui lima program yaitu upacara bendera, sema’an Al-Qur’an, kuliah tujuh menit, pengajian, perwalian kelas. Faktor pendukung yaitu bagian kurikulum sekolah, fasilitas memadai, dan seluruh guru menjadi fasilitator, program diatur dalam kemenag, dukungan orang tua, dan kondisi lingkungan. Faktor penghambat yaitu antusias peserta didik yang relatif rendah, keterbatasan evaluasi, keterbatasan waktu pelaksanaan, pengaruh lingkungan diluar sekolah dan keterbatasan kemitraan dengan eksternal.
Full Text:
PDFReferences
Buan, Y. A. L. (2022). Guru dan Pendidikan Karakter. Penerbit Adab.
Ferdian, L., & Yari, D. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 2. https://journal-fip.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/2071
Hasanah. (2013). Implementasi Nilai- Nilai Karakter Inti di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 186. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1439
Ilham, B. F. (2024). Dinamika Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Prespektif Civic Disposition Masyarakat Sesuai dengan Nilai Pancasila. . Proceeding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 435–440.
Kementerian Agama. Peraturan Menteri Agama (Permenag) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter
Lickona, T. (2012). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility (Terjemahan Juma abdul Wamaungo). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility (Terjemahan Juma abdul Wamaungo). . Bumi Akasara.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mulyono, B. (2017). Reorientasi Civic Disposition dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Warga Negara yang Ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218–225. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007
Nisa, K., Hikmah, M. A., Fadhilah, H. N., & Bakar, Y. A. (2024). Peran Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Berbasis Nilai Nilai Kagamaan. Sindoro: Cendekia Pendidikan, 8(5). https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Rasyid, R., Fajri, Muh. N., Wihda, K., Ihwan, Muh. Z. M., & Agus, Muh. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355
Republik Indonesia. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Silalahi, D. E., Saut Raja Sihombing, P., Sinurat, B., Kristina Sinaga, Y., Panjaitan, M. B., Neni Purba, C., Sohnata Hutauruk, B., Togi Hutahaean, D., Intan Marpaung, T., Pangaribuan, M., Purba, L., Munte, B., & Manahara Siahaan, T. (2021). Strengthening Charakter Education Throught School Culture at SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2, 111–112. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.868
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. . Alfabeta.
Suhendri, A., Yahya, & Meriyanti. (2024). Peran Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Melalui Metode Habituasi Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 8. Jurnal On Education, 7(1), 743–752. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/6401/5207
Triana Rizki, Najamuddin Paputungan, & Yusuf Habibie. (2024). Pelaksanaan Kultum dalam Membangun Karakter Percaya Diri Peserta didik di MAN I Kabupaten Gorontalo. Journal Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, 6(2). https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4670
Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangkaraya. . Jurnal Civic Education. , 3(1).
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i3.24287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.