Refleksi karakter mahasiswa: implementasi disiplin dan tanggung jawab berlalu lintas di lingkungan FISHIPOL UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi karakter disiplin dan tanggung jawab dalam berlalu lintas mahasiswa FISHIPOL UNY; 2) mengidentifikasi kendala dalam implementasi karakter disiplin dan tanggung jawab berlalu lintas mahasiswa FISHIPOL UNY; 3) mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala implementasi karakter disiplin dan tanggung jawab berlalu lintas mahasiswa FISHIPOL UNY. Penelitian ini menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana dengan bantuan software ATLAS.ti ver.24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi karakter disiplin dan bertanggung jawab berlalu lintas mahasiswa FISHIPOL UNY bervariasi. Mayoritas memiliki pemahaman teoritis memadai namun mengalami inkonsistensi dalam implementasi praktis. 2) Faktor penghambat utama meliputi rendahnya internalisasi kesadaran hukum, keterbatasan pengawasan, dan pengaruh lingkungan sosial yang kurang mendukung. 3) Upaya untuk mengatasi kendala meliputi pengembangan kesadaran internal sebagai fondasi kepatuhan hukum berlalu lintas, keterlibatan kampus sebagai institusi pendidikan untuk mendukung terciptanya iklim disiplin dan tanggung jawab berlalu lintas, dan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai fasilitator pengembangan internalisasi karakter disiplin dan tanggung jawab berlalu lintas.
Full Text:
PDFReferences
Banks, A. J. (2017). Failed Citizenship and Transformative Civic Education. Educational Reseacher , 46.
BAPPERIDA DIY. (2024). Data Kecelakaan dan Pelanggaran Lalu Lintas . Pemda DIY .
Bertens, K. (2013). Etika. Gramedia Pustaka Utama.
Eka Pratiwi, H., & Mustika Kartika Sari, M. (2023). Tingkat Disiplin Berlalu Lintas Remaja Milenial di Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan , 11. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n2.p510-524
Fitriyani, I. (2021). Implementasi Teori Thomas Lickona terhadap Problem Ketidakjujuran. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi . https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.932
Friedman, L. (2015). Sistem Hukum Perspektif Ilmu Sosial (N. Mangunsong, Ed.). Nusa Media .
Kerr. (1999). Citizenship Education: An International Comparison. National Foundation for Educational Research.
Lickona, T. (2019). Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung jawab (U. Wahyudin, Ed.). Bumi Aksara.
Margaret S. Branson. (1999). Belajar “Civic Education” dari Amerika. LKiS Yogyakarta.
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif . Remaja Rosdakarya .
Mustari. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Raja Grafindo Utama.
Prasetyo, W. (2024). Peran Polisi Lalu Lintas Polresta Banyumas dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Bagi Pengendara di Bawah Umur . Universitas Islam Sultan Agung .
Rismayanti, Tabrani Rasyid, A., Ahmad, & Rusdi, M. (2023). Internalization of Civic Disposition Values Through Civic Education Learning at SMA Negeri 30 Bone. Jurnal Pendidikan Mandala, 8. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i4.6143
Selviani, G. (2021). Revitalisasi Perilaku Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Dikalangan Pelajar Melalui Mata Pelajaran Pkn Di Sma Negeri 1 Kota Pinang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1, 1–8.
Sharma, A., & B Sharma, P. (2022, May). Responsible Citizenship and a Law-abiding Society must for National Development. Modern Ghana.
Soekanto, S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum. Rajawali Press .
Suardi, I. W. (2019). Metode Penelitian Sosial. Penerbit Gawe Buku .
Supandi, Fajar, A., & Muriman, C. (2017). Model Pengintegrasian Pendidikan Lalu Lintas pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i3.24251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.